• September 28, 2020

Tripartit Kembali Bahas Ketenagakerjaan Batam

BATAM, IsuKepri.Com -– Pertemuan lembaga kerja sama (LKS) tripartit antara pekerja, pengusaha dan Pemerintah Kota (Pemko) Batam kembali dilaksanakan di lantai IV Kantor Pemko Batam, Selasa (12/6/2012). LKS tripartit membahas semua permasalahan ketenagakerjaan yang ada di Kota Batam.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan menyatakan, LKS tripartit dibentuk berdasarkan surat keputusan Walikota Batam dan diketuai oleh Walikota Batam. Lembaga ini bertujuan sebagai lembaga konsultasi dan musyawarah dalam rangka memberkan pertimbangan, saran, saran dan pendapat dalam masalah ketenagakerjaan serta dilaporkan ke Walikota, katanya kepada IsuKepri.Com.

Dahkan menjelaskan, LKS tripartit ini merupakan sarana strategis meghadirkan solusi dan alat untuk membangun hubungan industrial sehingga berbagai permasalahan ketenagakerjaan bisa diantisipasi sejak awal. Mekanisme pengambilan keputusan dengan prinsip tripartit merupakan langkah bijak dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan. Prinsip tersebut bertumpu pada meleburnya unsur pengusaha, pekerja/buruh, serta pemerintah, paparnya.

LKS tripartit sepakat rutin menggelar rapat setiap dua bulan. Hal ini mengingat banyaknya permasalahan ketenagakerjaan di Batam meliputi pengangguran, keterbatasan lapangan kerja, kualitas sumber daya manusia yang rendah, upah, kesejahteraan buruh, persoalan buruh wanita, pekerja di bawah umur, buruh kontrak, dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Rapat tersebut dihadiri perwakilan pengusaha dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Batam, perwakilan pekerja dari Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Batam, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Baram, Sikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Batam serta tim pemerintah Kota Batam. LKS Tripartit ini diharapkan dapat terus meningkatkan langkah-langkah konkrit yang didasari hubungan industrial yang dinamis, demokratis, konstruktif, keterbukaan, kebersamaan, dan berkeadilan. Ini diharapkan dapat mendorong pengembangan dunia usaha, sekaligus peningkatan produktivitas dan kualitas pekerja yang akhirnya membawa kesejahteraan bersama. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Kualitas Penduduk Memprihatinkan

Read Next

Pemko Bentuk Tim Kaji Kerusakan Konservasi Laut