Tanpa Tambahan Kuota, September Batam Kehabisan BBM

BATAM, IsuKepri.Com — Tanpa ada tambahan kuota BBM dari pusat, dipastikan pada September 2012 nanti Batam akan kehabisan bahan bakar minyak (BBM). Hal ini akibat terjadinya pengurangan BBM, baik jenis solar dan premium yang dilakukan Hiswana Migas.

Atas berkurangnya kuota, Kepala Disperindag dan ESDM Kota Batam, Hijazi mengaku sudah dua kali berkirim surat ke  Hiswana Migas. Mengingat Batam merupakan satu-satunya yang mendapatkan pengurangan kuota hingga 30 persen. Sementara daerah lain di Provinsi Kepri, kuota BBM nya hanya dikurangi antara 5-10 persen saja. Bahkan untuk Kabupaten Kepulauan Anambas, kuotanya justru dilebihkan.

“Ini sepertinya tidak adil dan tidak fair. Mengingat bagaimana perjuangan yang telah kita lakukan di wilayah Batam untuk mendapatkan kuota BBM,” ujarnya dalam rapat koordinasi bersama pertamina dan hiswana migas di Batam Centre, Jumat (25/5/2012).

Alasan Hiswana Migas juga dinilai tidak rasional. Dengan menyatakan pengurangan dikarenakan Batam sudah banyak SPBU pertamax. Sementara untuk memenuhi kebutuhan BBM di Batam tidak cukup hanya dengan sarana dan fasilitas, tapi juga dibutuhkan adanya aturan.

Sales Manager Area Pertamina Kepri, I Ketut Permadi juga menyatakan, kelangkaan BBM terkait berapa banyak kuota yang diberikan ke Batam. Tapi yang jelas, Pertamina sendiri telah melakukan upaya-upaya. Diantaranya mengamankan agar tidak terjadi kegagalan suplai, menjaga kelancaran mobil tangki dari depot pertamina ke SPBU, melakukan pengawasan dan pembinaan ke lembaga penyalur seperti SPBU serta meningkatkan koordinasi dengan berbagai pihak.

“Apa-apa yang menjadi domain pertamina akan dimaksimalkan,” ujar Ketut.

Ketut menjelaskan, sampai saat ini, Pertamina belum melakukan pengurangan pasokan selama penyaluran BBM dari Januari hingga Mei 2012. Realisasi suplai justru cenderung naik meskipun ada pengurangan kuota dari pusat.

Pada Januari 2012, Pertamina telah menyalurkan sebanyak 16.104 kilo liter premium. Kemudian meningkat pada Februari 2012 menjadi 16.368 kilo liter, Maret 18.342 kilo liter, April 16.708 kilo liter dan Mei direncakan tidak kurang dari 16.800 kilo liter. Kuota premium untuk 2012 hanya sebanyak 135.352 kilo liter, berkurang sangat signifikan dari kuota 2011 yang mencapai 186.571 kilo liter.

“Pada Maret 2012 penyalurannya meningkat, karena mengantisipasi rencana kenaikan BBM oleh pemerintah pusat, meskipun akhirnya tidak jadi naik,” ungkapnya.

Sementara untuk penyaluran solar, rata-rata di angka 6.500-6.600 kilo liter per bulannya. Kuota solar untuk 2012 hanya 74.843 kilo liter, berkurang dibandingkan kuota 2011 yang mencapai 85.954 kilo liter. (eki)

iwan

Read Previous

Menpera Tinjau Pemukiman Sei Pelunggut

Read Next

Direct Promotion Palembang 2012