Posko evakuasi Sukhoi dialihkan ke Balai Embrio Ternak

Bogor (ANTARA News) – Pos komando (posko) evakuasi pesawat Sukhoi Super Jet 100, yang hilang kontak di atas Gunung Salak sejak Rabu (9/5), dialihkan ke Balai Embrio Ternak di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Rapat koordinasi gabungan yang dipimpin Komandan Distrik Militer (Dandim) 0621/Kabupaten Bogor, Letkol (Inf) Novi Rubadi Sugito, di Kampung Pasir Bogor, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, pada Kamis sekira pukul 14.30 WIB memutuskan pemindahan posko tersebut.

Menurut Novi,  diketahuinya posisi koordinat jatuhnya pesawat itu membuat semua posko evakuasi  dipindahkan ke Balai Embrio Ternak (BET) yang berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut (mdpl).

“Semua personel posko bergerak menuju ke Desa Cipelang, termasuk yang dari Cidahu, Sukabumi,” katanya.

Ketua Koordinator Badan SAR Nasional (Basarnas) di Posko Utama Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Ketut Purwa, menjelaskan bahwa serpihan pesawat Sukhoi pada Kamis pagi sudah terlihat dari helikopter di kawasan Gunung Salak dengan koordinat 06,42,612 dan titik 1064441,2.

Lokasi tersebut, menurut dia, berada pada ketinggian 2.500 kaki, sekitar 3,5 kilometer dari Posko Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Posko di Balai Embrio Ternak daerah Cijeruk lokasinya cukup tinggi, sehingga memudahkan untuk koordinasi proses evakuasi bagi tim pencari dan penyelamat (Search and Rescue/SAR) dari bibir bukit kaki Gunung Salak.

Sumber: antara

 

ridwan

Read Previous

PMII Demo Tuntut Kejari Periksa Komisioner KPU

Read Next

BC Kepri Selidiki Pemilik Laptop Impor Ilegal