• September 27, 2020

8 Ribu Santri Nusantara Akan Berkemah di Batam

BATAM, IsuKepri.Com — Sebanyak 8 ribu santri akan mengikuti Perkemahan Pramuka Pendidikan Islam Nusantara di Batam. Kegiatan akan dipusatkan di Bumi Perkemahan Raja Ali Kelana pada 2-8 Juli 2012 mendatang.

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI, Ace Saifuddin menyatakan, kegiatan ini merupakan perkemahan pertama yang menggabungkan santri dan mahasiswa se nusantara. Sebelumnya, kegiatan perkemahan dilakukan terpisah antara peserta santri dan mahasiswa atau Wirakarya.

“Kementerian Agama biasanya mengadakan sendiri-sendiri sesuai sub direktoratnya. Tapi tahun ini spesial, karena untuk pertama kalinya digabungkan antara perkemahan santri dengan wira karya (mahasiswa),” ujar Ace Saifuddin didampingi Kasubdit Pendidikan Pesantren Kementerian Agama RI, Imam Syafii di Kantor Walikota Batam Centre, kemarin.

Namun meskipun kegiatan dilakukan secara bersama, agendanya tetap disesuaikan dengan tingkatan masing-masing. Misal untuk tingkatan wira karya, kegiatannya lebih diarahkan ke pengabdian masyarakat.

Pembukaan kegiatan berskala nasional ini, rencananya akan dibuka oleh Menteri Agama RI, Suryadharma Ali di lapangan Engku Putri Batam Centre pada 3 Juli 2012. Usai pembukaan, agenda dilanjutkan dengan kegiatan ke-saka-an di Bumi Perkemahan.

Menjelang pembukaan, juga akan dilakukan taaruf bersama Walikota Batam, Ahmad Dahlan. Taaruf juga akan diikuti sebanyak 4.339 santri yang akan membawakan setiap huruf yang tertulis dalam Gurindam 12, karya Raja Ali Haji. Tulisan Gurindam 12 ini ditargetkan mendapatkan rekor MURI, sebagai tulisan Gurindam 12 terpanjang sepanjang sejarah.

“Raja Ali Haji merupakan tokoh daerah yang sudah mendunia. Kita ingin menonjolkan citra daerah dalam kegiatan berskala nasional,” pungkasnya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Ros Dituntut 15 Tahun Penjara

Read Next

Tanggulangi Banjir, Pemko Batam Bentuk Task Force