Semprong Buah Naga ‘Vinza’

Batam, Isukepri.com – Di tengah maraknya kue-kue modern, masih ada sejumlah pelaku usaha kecil menengah (UKM), untuk eksis membuat kue tradisional. Seperti kue semprong Vinza, hasil karya Devi, dengan bahan baku buah naga. Kue semprong merupakan kue kering, berbentuk panjang seperti pipa. Kue ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis, namun renyah.

Sebagai jajanan rumahan, kue ini banyak disukai segala usia, mulai anak-anak hingga orang dewasa.Untuk membedakan dengan kue semprong kebanyakan, kue semprong Vinza dibuat dengan bahan baku khas Batam. Yakni buah naga, yang banyak ditemui dan ditanam seperti di kawasan Barelang.Bahan baku buah naga ini, memiliki banyak khasiat, terutama bagi kesehatan.

Seperti menghambat penuaan dini, dan meningkatkan kekebalan tubuh, dari vitamin C yang terkandung dalam buah naga, serta merawat kesehatan kulit.Usaha pembuatan kue semprong ini, sudah ditekuni Devi sekitar setahun lalu. Dan kini, kue Semprong Vinza yang dibuat Devi dan keluarganya, dijual dengan cara menitipkan ke sejumlah toko atau super-market, dan toko oleh-oleh khas Batam.

Kue-kue Semprong Vinza, ada yang dikemas dengan plastik, dan ada juga dalam kemasan toples. Untuk kemasan plastik, harganya dipasar-kan Rp20 ribu dan Rp65 ribu untuk kemasan toples.

Dalam satu hari, rata-rata bisa membuat 20 bungkus kue semprong, kata ibu dua anak ini.

Tidak hanya kue semprong, Devi dan keluarganya juga membuat kue lainnya, seperti stik buah naga, dan kacang kejepit. Sekalipun produk rumah tangga, kue semprong Vinza sudah memiliki label halal.

suprapto

Read Previous

Mensos: SPA Keluar, Bulog Kirim Raskin ke Titik Distribusi

Read Next

Meriahnya Malam Takbir di Batam