KPU Batam, Berikan Informasi Aplikasi Pencalonan

Batam, IsuKepri.com – Komisi Pemilihan Umum Kota Batam mensosialisasikan tata cara pengisian formulir pendaftaran calon peserta menggunakan aplikasi. Sosialisasi disejalankan dengan bimbingan teknis bagi perwakilan partai politik.

Bimtek Metode Aplikasi Pencalonan Pasangan Partai Politik ini digelar di ruang serbaguna Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Rabu (17/6). Kegiatan ini dihadiri perwakilan parpol kecuali PAN, PKS, dan PKPI.

Ketua KPU Batam, Agus Setiawan mengatakan tujuan kegiatan ini adalah mensosialisasikan ke pengurus parpol terkait syarat dukungan apa yang harus disiapkan secara administrasi.

Harapannya, parpol ketika hari H pencalonan, 26-28 Juli, mereka sudah siap secara administrasi dukungan calonnya. Aplikasi ini dihadirkan untuk memberikan kemudahan kepada parpol dalam lakukan proses pendaftaran, kata Agus.

Kemudahan yang diberikan yakni dalam hal pengisian formulir pencalonan. Pasangan calon cukup mengisi data sesuai isian yang ada dalam aplikasi. Hasil isian data kemudian dicetak. Print out formulir dilampirkan dalam berkas pencalonan bersama data-data pendukung lainnya.

“Bila ada kesalahan pengisian data, maka akan diadakan penelitian administrasi. Dan diberi waktu tiga hari untuk melakukan perbaikan data,”ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Agus memaparkan dua tahapan besar dalam pemilihan walikota dan wakil walikota 9 Desember 2015 ini, yakni tahap persiapan dan penyelenggaraan.

Kita sekarang sudah di tahap akhir persiapan yakni pemutakhiran data pemilih, serta memasuki tahap awal penyelenggaraan yakni pencalonan, ujarnya.

Proses pemutakhiran data akan dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) pada 15 Juli sampai 19 Agustus mendatang. KPU minta bantuan parpol untuk mengawasi apakah masyarakat sudah terdaftar atau belum dalam data pemilih. Caranya cukup mudah, dengan melihat apakah rumah-rumah warga sudah tertempel stiker pemilih. Bila belum berarti PPDP di lokasi tersebut belum bekerja.(SUTIADI MARTONO)

Sutiadi Martono

Read Previous

Pesantren Kilat Ramadhan Gratis di Masjid Agung Batam

Read Next

Setiap Harinya, 300 Takjil Disediakan Masjid Agung