BI Kepri Perkirakan Pertumbuhan Ekonomi Kepri Menguat di Triwulan II 2015

Batam, IsuKepri.com – Walaupun mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi pada triwulan I di Kepri, Bank Indonesia perwakilan Provinsi Kepulauan Riau memperkirakan pada triwulan II 2015, perekonomian Kepri diperkirakan akan tumbuh menguat sejalan dengan meningkatnya realisasi investasi serta konsumsi yang terjaga.

” Jika dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan I 2015, kita perkirakan akan menguat di triwulan II nanti, yang akan dipengaruhi oleh meningkatnya konsumsi masyarakat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri, dan realisasi belanja pemerintah yang akan mendorong investasi, serta kinerja ekspor yang mulai meningkat di kuartal II,” ujar Kepala Bank Indonesia perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, Gusti Raizal Eka Putra, Kamis (4/6) siang.

Lanjutnya, pertumbuhan ekonomi Kepri pada triwulan II 2015 diprakirakan pada kisaran 7,3 hingga 7,5 persen (yoy), sementara untuk keseluruhan 2015 perekonomian Kepri diprakirakan tumbuh pada kisaran 7,5 hingga 7,7 persen (yoy).

” Dari sisi eksternal, secara keseluruhan 2015 ekonomi global diperkirakan tumbuh 3,39 persen(yoy) lebih baik dibanding pertumbuhan 2014 sebesar 3,3 persen(yoy).

Berkenaan dengan inflasi, sambung Gusti, secara keseluruhan 2015, tekanan inflasi diperkirakan akan lebih rendah dibanding 2014.

” Peningkatan laju inflasi berpotensi terutama dari kelompok volatile food berkenaan dengan meningkatnya konsumsi selama bulan Ramadhan serta keterbatasan pasokan(berakhirnya musim panen raya),” katanya.

Adapun laju inflasi inti dan administered price diprakirakan tetap stabil dan terjaga. Mencermati perkembangan tersebut, laju inflasi Kepri pada triwulan II 2015 diprakirakan pada kisaran 7,5 hingga 7,7 persen(yoy) sementara target inflasi keseluruhan tahun 2015 sebesar 4,0 kurang lebih 1 persen.(SUTIADI MARTONO)

Sutiadi Martono

Read Previous

Pertegas Teknis Regulasi Bidang Pos, Kemkominfo Gelar Bimtek

Read Next

Atma Jaya Gelar Atma Jaya Innovation Award 2015