‎Dahlan : Dunia Pendidikan Harus Siap Infrastrukturnya

Batam, IsuKepri.com – Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan ada dua agenda besar pendidikan di Kota Batam. Pertama yakni pemenuhan kebutuhan sarana belajar sebagai jawaban atas tingginya angka anak usia sekolah. Dan kedua, menyiapkan sumber daya manusia untuk pembangunan Batam di masa mendatang.

Hal ini disampaikan Dahlan usai menjadi pembina upacara Hari Pendidikan Nasional tingkat Kota Batam di Dataran Engku Putri Batam Centre, Senin (11/5).

Kita tak boleh lengah. Jika lengah, daya tampung tak bisa penuhi kebutuhan usia sekolah ini. Karena semakin tinggi investasi, semakin banyak orang yang datang ke Batam untuk mencari kerja, dan semakin banyak anak usia sekolah. Dunia pendidikan harus siapkan infrastrukturnya, ujar Dahlan.

Selain menambah ruang kelas dan sekolah baru, Pemerintah Kota Batam juga membuat beberapa kebijakan terkait hal ini. Di antaranya dengan memprioritaskan anak usia 7 tahun untuk diterima di sekolah dasar.

Kemudian membatasi jumlah siswa per kelas hingga maksimal 40 anak. Serta memberlakukan shift untuk penggunaan ruang belajar. Dan mendorong tumbuhnya sekolah swasta, karena tak akan mampu dilaksanakan sendiri oleh sekolah negeri.

Agenda kedua yakni menyiapkan sumber daya manusia agar tidak terjadi distransformasi sehingga Batam tidak kolaps. Karena Batam ditentukan kualitas sumber daya manusia yang kita siapkan saat ini. Meski dengan tertatih-tatih, kita harus bangun pendidikan di Batam. Kita tidak mau Batam kolaps di masa mendatang, katanya.

Pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini, Dahlan membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan.

Usai upacara, dilaksanakan pembagian hadiah pemenang pemilihan kepala sekolah, guru, dan siswa berprestasi di Kota Batam. Selain itu juga penyerahan hadiah kepada pemenang Olimpiade Sains Nasional tingkat SD/SMP Dinas Pendidikan Kota Batam tahun 2015.(SUTIADI MARTONO)

suprapto

Read Previous

Tolak Penggusuran, Ribuan Warga Konvoi Jalan Kaki

Read Next

‎Tim P2TP2A Dang Merdu Kota Batam di Kukuhkan