Sekda Prov Buka Lomba Inovasi TTG se-Kepri 2013

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, Suhajar Diantoro membuka secara resmi Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) se-Kepri tahun 2013. Lomba ini diikuti oleh unsur pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum se Provinsi Kepulauan Riau di halaman pusat perbelanjaan Ramayana Mall, jalan Wiratno Tanjungpinang, Selasa (18/6).

Kegiatan tersebut sebagai ajang untuk mencari produk-produk inovatif tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Pemenangnya, akan diikutkan dalam ajang TTG tingkat Nasional di Padang bulan Desember 2013 mendatang.

Tema dari Lomba Inovasi TTG tahun 2013 adalah ‘Dengan Lomba Inovasi TTG kita kembangkan kreativitas dalam mendukung percepatan alih teknoligi kepada masyarakat’, Hal ini juga merupakan salah satu kegiatan yang mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Pemerintah Provinsi Kepri, tahun 2010 – 2015.

Pameran ini disebut inovasi, yakni memodifikasi yang ada. Dan mudah – mudahan dari sini nanti memang, ada temuan yang sebelumnya belum pernah ada dan berguna bagi kebutuhan masyarakat. Dan inovasi adalah bagian dari kreatifitas, kata Suhajar saat membuka kegiatan tersebut.

Kepala Badan Pemberdaaan Masyarakat Desa (BPMD) Buralimar, selaku penyelenggara kegiatan TTG tahun 2013 dalam laporannya menyampaikan, Tahun 2012 lalu Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berhasil menjadi juara I tingkat Nasional di Kendari. Dia berharap Pemerintah Provinsi Kepri bisa mempertahankan prestasi tersebut, bahkan meningkatkannya lagi.

Kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari. Pemenang tingkat Provinsi Kepri akan mewakili Kepri ditingkat Nasional. Tahun lalu kita juara I dan tahun ini kita berharap bisa mempertahankannya. Peserta kita dari tujuh kabupaten dan kota berjumlah 47 peserta. Namun yang memasukkan proposal hanya 37 orang, kata Buralimar.

Salah satu peserta yang menarik perhatian pengunjung pada hari pertama kegiatan TTG tingkat Provinsi Kepri digelar adalah temuan dari siswa SMUN 1 Kabupaten Lingga Utara bernama Okta Eka Putra. Temuannya adalah  mengubah limbah sagu menjadi biojel. Biojel sendiri bisa digunakan sebagai bahan bakar pengganti minyak tanah dan gas. Bahkan, jika tingkat permentasinya sudah mencapi kadar tertentu, temuannya tersebut bisa dijadikan campuran bahan bakar pesawat terbang.

Selain itu, Sekretaris Daerah, Suhajar Diantoro berkesempatan mengunjungi stand milik putra Kepri berasal dari kabupaten Lingga tersebut. Dan untuk mengembangkan produk biojel yang sudah ditemukan oleh siswa Lingga itu, Suhajar bersedia memberikan bantuan dana sebesar Rp30 juta. (ALPIAN TANJUNG/ HUMAS)

Alpian Tanjung

Read Previous

Gubernur Fokus Mengentas Kemiskinan di Kepri

Read Next

Ketahuan Nyuri, Pelaku Nyaris Diamuk Warga