Generasi Muda Harus Jadi Wirausahawan, Jangan PNS

Jakarta, IsuKepri.com – Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan, minta masyarakat agar jangan lagi membiasakan diri untuk mendorong generasi muda di Tanah Air untuk bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Kita harus menjadikan anak-anak kita wirausahawan. Jangan disuruh jadi PNS,” kata Menteri Sjarifuddin Hasan, di Jakarta, Kamis (6/12).

Menurutnya, wirausahawan potensial memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di suatu kawasan. Keberadaan wirausahawan mandiri juga dinilainya sebagai prasyarat suatu negara untuk maju.

“Ini perlu didorong agar masyarakat terus maju dan mau menjadi enterpreneur sejati,” ujar Sjarifuddin Hasan.

Untuk membantu mengembangkan semangat usaha, kata Sjarif, pihaknya telah menggulirkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan bantuan dana bergulir untuk wirausaha.

Ia berharap, kredit itu bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha.

“Masyarakat khususnya anak muda dapat memanfaatkan program tersebut untuk mendapatkan pinjaman modal. Khusus untuk program KUR sampai kini telah digulirkan dana sebesar Rp90 triliun sejak 2007,” tegasnya.

Sementara itu, katanya, angkatan kerja Indonesia mencapai 120 juta orang dan sampai kini 1,56 persen diantaranya merupakan pelaku wirausaha.

Hal itu, berbanding jauh dengan sebelumnya yang hanya 0,18 persen, dan tahun depan pemerintah menargetkan jumlah wirausaha menjadi dua persen dari total angkatan kerja. Ia menjelaskan, enterpreuneurship menjadi program yang terus didorong pemerintah untuk memperluas lapangan pekerjaan. (Net/One)

0 Reviews

Write a Review

ione

Read Previous

Life of Pi : Petualangan Sebuah Kehidupan

Read Next

Kamaz, Produk Rusia Akan Rambah Pasar Indonesia