• September 27, 2020

Serial Wisata Indonesia : Sumatra Barat

Sebagian besar daratan Sumatra Barat dibentuk oleh pegunungan Bukit Barisan, dan hutan-hutannya merupakan tempat tinggal bagi gajah, harimau, dan badak.

Wanita-wanita mereka menjaga rumah dan para prianya meninggalkan rumah untuk mencari keberuntungan dan kesuksesan. Merantau adalah suatu alat ukur kesuksesan, dan saat ini rumah makan Padang dapat kita temukan di seluruh bagian di Indonesia, bahkan di beberapa belahan dunia.

[tab name=”1″]Air Manis, 4 kilotemer di selatan Padang, adalah sebuah perkampungan nelayan, dapat kita capai dengan menuruni bukit dan menyebrangi sungai Batang Arau. Di sana terdapat batu yang konon merupakan kapal dari Malin Kundang.

Pantai Air Manis

Bungus, 20 kilometer di selatan Padang. Terlindungi oleh sebuah teluk, kita dapat menemukan dua pantai yang amat indah: pantai Carolina dan Karang Tirta.

Bungus

[/tab]

[tab name=”2″]Batang Palupuah, sekitar 12 kilometer dari Bukittinggi, di sini adalah tempat dari tumbuhnya bunga raksasa Rafflesia arnoldi. Bunga ini hanya tumbuh setahun sekali di bulan November.

Bunga Raflesia arnoldi

Cagar Alam Rimbo Panti, sekitar 108 km dari Bukittinggi, adalah cagar alam dimana kehidupan alam dan beberapa hewan seperti bermacam spesies monyet dan panther hitam.

Cagar Alam Rimbo Panti

[/tab]

[tab name=”3″]Danau Kembar (Danau Diatas dan Danau Dibawah), sekitar 65 km dari Padang. Terdapat dua danau dimana danau yang satu sedikit lebih tinggi dari danau yang lainnya, dengan ketinggian 1000 m diatas permukaan laut dan selalu diselimuti oleh kabut tebal.

Danau Diatas dan Danau Dibawah

Danau Singkarak, dikelilingi oleh bukit-bukit dan pegunungan, terletak sekitar 36 km dari Bukittinggi atau 86 km dari Padang.

Danau Singkarak

[/tab]

[tab name=”4″]Gunung Talang, 35 km dari Padang, adalah salah satu gunung tertinggi dengan ketinggian mencapai 2572 meter di atas permukaan laut. Dari sini kita dapat melihat pemandangan yang indah dari Danau Kembar dan Danau Singkarak.

Gunung Talang

Danau Maninjau, mungkin saja adalah danau terindah di pulau Sumatra. Anda dapat menikmati pemandangan yang luar biasa indah disini.

Danau Maninjau

[/tab]

[tab name=”5″]Bukittinggi, adalah pusat dari kebudayaan dan berada di dataran tinggi sebelah utara dari Padang. Bukittinggi memiliki iklim yang dingin, dan dikellilingi oleh tiga gunung berapi: Tandikat, Singgalang, dan Merapi.

Tempat paling terkenal di Bukittingi adalah sebuah menara jam yang dikenal dengan nama Jam Gadang.

Jam Gadang

Batu Sangkar, 41 km disebelah selatan Bukittinggi, disini kita dapat menemukan banyak situs-situs bersejarah.

Batu Sangkar

[/tab]

[tab name=”6″]Ngarai Sianok adalah tempat yang sangat indah yang dikelilingi oleh lebih dari 100 tebing. Disini kita dapat menemukan banyak terowongan dan gua-gua yang dibuat oleh bangsa Jepang ketika Perang Dunia II.

Ngarai Sianok

Pulau Mentawai, banyak dikunjungi karena di sana masih terdapat hutan tropis yang belum dijamah, dan ombak lautnya yang sering digunakan untuk surfing.

Pulau Mentawai

Dan jangan lupa untuk mengunjungi Taman Nasional Siberut, yang dapat dicapai dengan menggunakan kapal Ferry dari Padang. Anda akan tiba di sana dalam waktu lebih kurang 4 jam. Disana mungkin saja anda akan bertemu suku primitif yang sedang berburu dan mencari tanaman.

Taman Nasional Siberut

[/tab][end_tabset]

(dbs/andria)

0 Reviews

Write a Review

Andria Gutama

Read Previous

KAMMI Gelar Buka Puasa Bersama Perumahan Taman Seraya

Read Next

Sistem Pelayanan PLN Lebih Mudah