Profil Bintang EURO 2012 Andrea Pirlo

Andrea Pirlo lahir di Fiero, Lombardy tanggal 19 Mei 1979, adalah seorang pemain sepakbola profesional yang sekarang bermain untuk klub serie A Juventus dan tim nasional Italia. Ia bermain di posisi deep-lying playmaker dan dikenal luas akan keahliannya dalam memimpin lapangan tengah dengan permainannya yang cerdas dan efektif, umpan-umpan yang akurat dan spesialis mengeksekusi bola-bola mati. Dengan kemampuan tersebut, ia dijuluki “l”‘architetto” (the architect) atau sang arsitek.

Pirlo telah bermain untim timnas Italia U-15, U-18 dan U-21, menjadi kapten dalam memimpin kesuksesan Italia menjuarai European U-21 Football Championship sekaligus menjadi pemain terbaik dan top skorer.

Ia bergabung dengan timnas senior Italia dalam kompetisi Piala Dunia 2002 serta meraih medali perunggu dalam Olimpiade 2004. Ia juga menjadi aktor penting dibalik kesuksesan timnas Italia meraih trofi Piala Dunia 2006. Ia adalah man of the match dalam pertandingan final Piala Dunia 2006.

Bersama dengan klub AC Milan, ia telah meraih 2 trofi Piala Champion Eropa(2003,2007), dua trofi Super Eropa(2003,2007), dua trofi scudetto(2004,2011), trofi Super Italia(2004), dan trofi Piala Italia tahun 2003. Sejak musim 2011-2012, ia bergabung dengan Juventus dan langsung mempersembahkan trofi scudetto.

Karena kesuksesannya mempersembahkan trofi scudetto untuk Juventus, pelatih timnas Italia Cesare Prandelli memutuskan untuk membawanya dalam skuad Italia untuk EURO 2012 Polandia-Ukraina. Keputusan yang dinilai tepat, karena Pirlo menar-benar merajai lapangan tengah Italia. Performa puncaknya adalah saat Italia mengalahkan Inggris dalam babak adu penalti di perempat final. Tendangan penalti ala “panenka” nya berhasil mengecoh kiper Inggris Joe Hart dan meruntuhkan semangat punggawa Inggris.

Andrea Pirlo ketika berkostum AC Milan
Andrea Pirlo dan Juventus
Andrea Pirlo dan Timnas Italia

Andria Gutama

Read Previous

Perekaman Data e-KTP Dibawah Target

Read Next

GMNI Bawa Anak Punk Usut Pemasalahan Dompak