• September 26, 2020

Batam Optimis Rebut Juara Umum MTQ Kepri

BINTAN, IsuKepri.Com — Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) IV Tingkat Provinsi Kepri resmi dibuka Menteri Agama Republik Indonesia, Surya Dharma Ali di Bintan, Selasa (15/5/2012). Ajang dua tahun sekali tersebut diikuti tujuh Kabupaten Kota se Provinsi Kepri, yaitu Batam, Tanjungpinang, Bintan, Lingga, Karimun, Natuna dan Anambas. Khafilah Batam membawa 400 orang terdiri dari official, qori”‘/qori”‘ah serta pendukung pawai taaruf peserta dalam ajang tersebut dan bazar.

Menteri Agama RI Surya Dharma Ali, menyatakan, MTQ merupakan kegiatan tentang pemahaman baca tulis Al Qur’an dari tingkat Desa/Kelurahan hingga tingkat Nasional. Pada Tahun ini, MTQ tingkat Nasional akan diselenggarakan di Ambon Provinsi Maluku pada Juni 2012 mendatang.

“Dengan pelaksanaan MTQ, semoga ayat-ayat Al Quran terus dilantunkan di persada nusantara. Sehingga semangat masyarakat untuk belajar Al Quran terus meningkat. Bukan hanya cara membacanya tapi juga makna-maknanya,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Surya Dharma Ali mencanangkan gerakan maghrib mengaji. Dengan pencanangan tersebut diharapkan Al Quran jadi tuntunan dan menimbulkan rasa cinta Quran bagi generasi muda.

Surya Dharma Ali menutup sambutannya dengan memberikan apresiasi kepada Provinsi Kepri yang telah menorehkan prestasi di ajang MTQ nasional. Dimana pada 2009 lalu, Provinsi Kepri mendapat peringkat 7 nasional dan tahun 2010 mendapatkan peringkat 4 nasional diantara 33 provinsi.

“Jadi tak salah jika Provinsi Kepri bisa menjadi juara 1 nasional di MTQ Maluku nanti,” ujarnya.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang hadir  pada malam pembukaan Pembukaan MTQ Provinsi Kepri mengatakan Khafilah Batam tahun ini menurunkan 42 qori”‘ dan qori”‘ah terbaik Batam yang akan mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan. Dijelaskan Dahlan, seluruh persiapan khafilah Batam telah dilakukan, baik akomodasi, transportasi, pelatih, official hingga tim kesehatan dibawa dari Batam. Dengan harapan qori”‘ dan qori”‘ah tersebut akan memberikan yang terbaik bagi Batam.

Dua tahun lalu kita menempati urutan dua MTQ tingkat Provinsi dan tahun ini kami optimis untuk merebut kembali gelar juara umum ujar Dahlan.

Pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Kepri tahun 2012 diramaikan dengan kehadiran 5.124 peserta dari seluruh kabupaten/kota se Kepri yang berlangsung selama delapan hari, 13-21 Mei 2012. Dewan hakim berjumlah 122 0rang yang terdiri dari 13 orang dewan hakim nasional dan 109 dari Kepri. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Pertandingan Futsal di Ultah ke-4 Amore

Read Next

Alqur’an Gratis Hingga Nasi Besar di Stand MTQ Kepri