Ubah Tempurung Kelapa Jadi Benda Kerajinan Bernilai Tinggi

Lingga, Isukepri.com – Madar Madir, salah seorang tokoh di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga sukses mengubah tempurung kelapa tak berguna menjadi alat bernilai ekonomi. Hal yang dilakukan PKPM Mutiara, salah satu organisasi ini juga sekaligus upaya yang dilakukannya untuk memajukan perekonomian warga miskin di Lingga.

Menurut Madar, modal yang diperlukan untuk memproduksi piring, sendok makan, sendok nasi dari tempurung tersebut mudah didapat dengan harga yang relatif murah. Sistem pengerjaannya dengan menggunakan jasa para ibu-ibu sekitar.

Bahan tersebut dibeli dari warga dengan harga satu karung hanya Rp50 ribu. Dan kelompok usahanya terdiri dari ibu-ibu setempat dengan upah borongan, perorang mendapat bagian Rp45 ribu, terang Madar.

Dengan hadirnya kelompok usaha tersebut membuat warga merasa senang. Sekarang saya dapat membantu keuangan untuk menambah biaya bantu-bantu suami, maklum lah sekarang cari kerja susah, jadi mau tak mau harus bantu suami, ujar Imah, salah seorang warga Kampung Niur Kecamatan Singkep Lingga, Rabu (14/10).

PKPM yang telah berdiri satu tahun lebih ini sekarang sedang berupaya memperluas pemasaran produk hasil kerajinan mereka dengan menjual di wilayah Batam dan Tanjungpinang atau diexspor ke luar negeri.

Kami sangat menanti bantuan dari calon pembeli. Bila nanti ada yang berminat silakan hubungi kami, katanya.

Selain itu, Ia juga berharap uluran bantuan modal dari Pemerintah Lingga agar usahanya bisa berjalan lancar dan membantu warga yang tak punya pekerjaan.

Admin Isu Kepri

Read Previous

Inginkan Gordyn dengan Motif yang Beragam Kunjungi PG Interior Decor

Read Next

Pemerintah RI Berikan Penghargaan Kepada Pemkab Bintan