Batam Terpilih Menjadi Pemenang Indonesia Attractivesness Index

Batam, IsuKepri.com – Kota Batam terpilih menjadi pemenang Indonesia Attractivesness Index (IAI) yang dilaksanakan lembaga riset Frontier Consulting Group bekerjasama dengan media cetak nasional. Batam terpilih sebagai kota terbaik dengan perolehan index total mencapai 83,81. Penyerahan penghargaan ini dikemas dalam acara malam Indonesia Attractiveness Awards 2015 yang dihadiri Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Ballroom Hotel Mulia Jakarta, Jumat (12/6).

Dalam arahannya, Jusuf Kalla menyampaikan penghargaan ini sebagai penghargaan yang atraktif dan menarik. Menurutnya, dalam pengembangan suatu daerah harus dikemas dengan baik sehingga menarik untuk dikunjungi. Fenomena yang ada saat ini adalah persaingan antar provinsi dan kabupaten kota dalam menarik arus investasi dan wisatawan.

Saat ini persaingan bebas, sehingga pilihan jatuh kepada masyarakat maupun pengusaha untuk melirik suatu daerah, kata Wakil Presiden.
Dalam kesempatan tersebut Jusuf Kalla mengucapkan terima kasih kepada media dan penyelenggara acara yang telah menilai kota-kota di Indonesia sehingga dapat dilihat sudah atau belum berhasil sebuah daerah berdasarkan penilaian publik.

Semoga penghargaan ini dapat dijadikan dorongan untuk dilanjutkan dan menuju lebih baik lagi, tambah Jusuf Kalla.
CEO Frontier Consulting Group, Handi Irawan mengatakan sudah 20 tahun Frontier melakukan pengukuran-pengukuran dan biasanya dilakukan bagi perusahaan-perusahaan. Akhirnya, tahun ini Frontier merumuskan pengukuran-pengukuran bagi potensi daerah yang didasarkan pada empat tolak ukur, yakni investasi, infrastruktur, pariwisata, dan pelayanan publik.

Dari empat komponen ini kita cari data sekundernya, dan melalui metode survey sebagai data primer, hingga akhirnya tercipta Indonesia Attractiveness Index ini, ujar Handi.
Pengukuran sebelumnya telah dilakukan melalui seleksi dari 502 kabupaten/kota seluruh Indonesia. Hingga akhirnya terseleksi 112 kabupaten/kota yang secara nyata dan bertanggungjawab melalui survey dengan melibatkan 9260 responden. Adapun respondennya terdiri dari 300 investor dan 8960 responden publik.
Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang menerima langsung penghargaan ini mengatakan penghargaan yang diberikan merupakan penilaian atau pengukuran yang dilakukan oleh lembaga riset dan media yang kredibel dan dapat menjadi feedback bagi daerah atas keberhasilan kinerja yang telah dilakukan.

Raihan ini seperti rapor yang diberikan kepada kota Batam atas apa yang telah dilakukan. Tentu saja ini feedback yang baik atas keberhasilan Kota Batam sebagai kota yang menarik dari segi investasi, infrastruktur, pariwisata, dan pelayanan publik, tutur Dahlan.(rilis-SUTIADI MARTONO)

Sutiadi Martono

Read Previous

Tim Tujuh Dibubarkan, Hanura Batam Bentuk Timsel

Read Next

Warga Keluhkan Kondisi Pelantar yang Sudah Tidak Layak