Gubernur Kepri Serahkan Bantuan Pada Nelayan Lingga

Provinsi Kepulauan Riau merupakan daerah kepulauan yang memiliki luas laut 96% lebih besar daripada daratannya dengan jumlah pulau sebanyak 2.408 buah, maka sudah sepatutnyalah kita kedepannya dapat lebih mengembangkan potensi kelautan dan perikanan di provinsi Kepulauan Riau.

Melihat besarnya potensi kelautan dan perikanan yang ada maka pemerintah dirasa perlu melakukan usaha-usaha yang dapat memajukan ekosistem kelautan dan perikanan di Provinsi Kepulauan Riau. Adapun misi dasar yang berkaitan langsung dengan kelautan dan perikanan antara lain :

– Meningkatkan pendayagunaan sumber daya kelautan
– Pengembangan potensi ekonomi lokal dengan menjamin keberpihakkan kepada rakyat kecil
– Mengembangkan wisata berbasis kelautan dan budaya setempat serta beberapa misi lainnya yang berkaitan dengan pendidikan,investasi dan lain-lain.

Untuk mewujudkan misi dasar tersebut diperlukan beberapa strategi yang perlu diambil yaitu:

– Mendorong pengembangan perikanan tangkap dan budidaya melalui penyediaan sarana dan prasarana, permodalan dan teknologi
– Mendorong pengembangan  usaha pengolahan dan pemasaran secara terpadu
– Meningkatkan keterkaitan antar daerah (connectivity)
– Mendorong percepatan pembangunan daerah tertinggal, kawasan terdepan/terluar

Penyerahan Bantuan Kapal 2 GT dan 5 GT serta Alat Tangkap di Kabupaten Lingga mendapat bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau yang secara lansung diserahkan oleh Gubernur Kepulauan Riau. Adapun rombongan Gubernur  Kepulauan Riau berkunjung ke Kabupaten Lingga beserta SKPD Prov. Kepri Instasi terkait dan DPRD Provinsi Kepulauan Riau. Penyerahan alat tangkap dan bantuan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi yang secara simbolis diserahkan Oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Riau untuk Kabupaten Lingga bertempat di aula DPRD Kabupaten Lingga yaitu, berupa Kapal 2 GT sebanyak 30 Unit, Pembangunan Kapal 5 Gt sebanyak 10 Unit,  mesin Ketinting 85 Unit, bubu Ketam 250 pieces, Jaring Udang 50 Pieces, Kawat Bubu 300 Unit, dan GPS 5 Unit di tahun 2014. Alat tangkap ini diserahkan kepada kelompok-kelompok nelayan perikanan yang berada di Kecamatan wilayah Kabupaten Lingga.

Bantuan yang diserahkan kepada penerima bantuan di Kabupaten Lingga ini bertujuan supaya dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan dapat menambah penghasilan pendapatan bagi nelayan tersebut, diharapkan bantuan ini dapat meningkatkan hasil tangkapan para nelayan dan sekaligus dapat menambah kesejahteraan masyarakat sekitar.

suprapto

Read Previous

Gerakan Bersama Cinta Anak Yatim Lakukan Penggalangan Dana

Read Next

Warga Desak Pemko Batam Bebaskan Lahan di Pulau Galang