BMKG Pastikan Asap Kebakaran Tak Ganggu Negara Tetangga

Pekanbaru, Isukepri.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru memastikan asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan yang terjadi di Sumatera tidak mengganggu negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

“Jika Malaysia dan Singapura mulai “berasap” itu bukan dari peristiwa kebakaran di Sumatera,” kata Analis BMKG Stasiun Pekanbaru Ahmad Agus Widodo di Pekanbaru, Kamis (13/2).

Hal ini dikarenakan arah angin saat ini berlawanan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

“Sampai saat ini arah angin masih dari utara dan timur sampai ke selatan atau berlawanan dengan negara-negara tetangga sehingga logikanya, asap Riau tidak akan sampai ke Malaysia atau Singapura,” lanjutnya.

Selain di Sumatera, Menurut sumber BMKG kebakaran lahan juga terjadi di beberapa negara tetangga termasuk Malaysia dan beberapa negara lainnya.

Sehingga, katanya, jika dikabarkan Singapura telah tercemar kabut asap, belum tentu asap tersebut berasal dari kebakaran lahan di Riau.

“Karena memang kenyataannya tiupan angin tidak mengarah ke Singapura. Potensi terbesar sebaran kabut asap hanya di sekitar wilayah Riau termasuk Pekanbaru,” katanya.

Menurut sumber informasi Pemerintah Singapura, negara itu mulai mengkhawatirkan dampak kabut asap melanda negara tetangga ini.

Pada 2013 kabut asap yang menjadi dampak kebakaran lahan di Riau sempat menjangkan beberapa negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura.

Pemerintah Singapura ketika itu juga sempat menyatakan protes kepada Indonesia dan meminta segera mengatasi persoalan tersebut. (ROL)

suprapto

Read Previous

MUI Mengaku Kecewa pada Tindakan Ustadz Hariri

Read Next

Indonesia-Korsel Kerjasama Kembangkan Pesawat Tempur Pengganti F16