Musim Hujan, Hama Usik Persawahan Jogja

Yogyakarta, Isukepri.com – Musim hujan yang kerap terjadi di awal tahun 2014 mengakibatkan persawahan Jogja diserang banyak hama wereng batang cokelat, tungro, dan jamur.

“Biasanya karena kelembapan tinggi, wereng mudah berkembang biak,” kata Sarjuko, petani padi di Ngemplak, Sleman, DI Yogyakarta, Minggu (19/1).

Dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman, daerah yang rawan terkena serangan hama adalah Kecamatan Prambanan dan Kalasan yang memiliki sekitar 3.000 lahan tanam padi. Bahkan untuk menanggulangi hal itu, beberapa petani sengaja memelihara burung hantu untuk mengusir hama.

Sementara itu, petugas pengamat Organisme Pengganggu Tanaman (PPOPT) Kecamatan Kalasan dan Prambanan, Joko Purnama mengatakan hama tungro menyerang sejumlah lahan padi di wilayah Madurejo Prambanan dan Purwomatani Kalasan.

“Sebelum serangannya parah, langsung diantisipasi,” kata dia.

Penyemprotan hama secara massal dilakukan setelah ditentukan titik-titik adanya hama. Sehingga panen padi masih mencapai 8 ton per hektare gabah kering panen. Petani disarankan agar sedini mungkin mengendalikan hama dengan cara penyemprotan. (Tempo)

suprapto

Read Previous

Petugas Kebersihan Kualahan Atasi Sampah

Read Next

PKL Tepilaut Akan Dipindahkan Usai Pemilu