Dua RT di Perumahan Indonusa Kebanjiran

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Ratusan rumah di dua Rukun Tetangga (RT) yakni RT 04 dan RT 02 RW 08 Perumahan Indonusa Lestari, Kelurahan Air Raja Kecamatan Tanjungpinang Timur terendam lumpur bauksit, Rabu (5/6) sekitar 15.30 WIB petang. Banjir yang merendam ratusan lantai rumah warga tersebut terjadi ketika curahan hujan yang turun selama lebih kurang dua jam.

Atas peristiwa tersebut, masing – masing warga disibukan oleh luapan air lumpur kuning yang masuk kedalam rumah mereka. Selain disibukan luapan air, warga juga berusaha menyelamatkan barang – barang elektronik ke lokasi yang aman agar terhindar dari rendaman air.

Awalnya kami tidak menyangka bisa kebanjiran seperti ini, sehingga kami santai. Selang satu jam, air masuk dari belakang rumah melalui saluran pembuangan air kamar mandi dibelakang ini, ujar warga RT 02/ RW 08 Perumahan Indonusa Lestari, Yuni.

Namun, kata dia, air lumpur yang masuk kerumahnya tidak seberapa dibanding dengan rumah tetangga lainnya. Pasalnya, air yang masuk hanya merendam ruangan dapurnya saja.

Banjir dirumah kami hanya merendam dapur saja, sehingga tidak ada barang – barang yang rusak. Rumah warga di ujung RT 04 itu yang lebih parah, karena air meluap keseluruh ruangan mereka, katanya.

Bahkan, barang – barang milik warga berupa tilam, dan karpet, yang ada dilantai rumah terendam akibat luapan air lumpur tersebut. Yuni mengutarakan, selama 10 tahun tinggal di Perumahan Indonusa Lestari, tidak pernah mengalami kebanjiran seperti ini.

Ini banjir yang pertama melanda rumah saya, pada tahun – tahun sebelumnya tidak pernah terjadi, ucapnya.

Selain itu, warga lainnya, Mustafa mengatakan, banjir saat ini melanda seluruh rumah, mulai dari gapura perumahan hingga ke tengah perumahan sana. Di RT 04, dua blok rumah dimasuki air lumpur.

Sedangkan, rumah di RT 02 hanya beberapa rumah saja yang banjir. Namun, dalam musibah ini, kerugian tidak banyak, hanya beberapa karpet dan tilam saja yang terendam air, kata Mustafa. (Pian)

Alpian Tanjung

Read Previous

Jeruk Sambal Capai Rp14 Ribu/ Kg

Read Next

Kambing Bebas Berkeliaran di Jalan Kota