• September 26, 2020

Malaysia Jamin Keamanan TKI di Sabah

IsuKepri.com – Konsulat RI di Tawau mengatakan pemerintah Malaysia memberikan jaminan keamanan kepada warga negara Indonesia atau tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Sabah terkait konflik antara kelompok bersenjata dari Filipina Selatan dengan pemerintah Malaysia.

Konsul RI di Tawau, Malaysia Mohammad Soleh, Kamis (7/3), mengatakan
ratusan TKI yang terkena dampak konflik tersebut telah diungsikan ke tempat yang dianggap aman, masih di kawasan Felda Plantation, milik pemerintah Malaysia.

Selain itu, imbuhnya, aparat keamanan Malaysia dan pemerintah Sabah telah membuat suatu perjanjian tertulis bahwa mereka akan tetap menjamin keamanan WNI yang bekerja di negeri bagian tersebut.

“Pihak Malaysia telah membuat surat pernyataan untuk tetap menjamin keamanan para WNI atau TKI di Sabah,” katanya.

Selain itu, Soleh juga mengakui kebutuhan sehari-hari TKI yang saat ini dalam pengungsian tetap dalam tanggungan pihak perusahaan Felda Plantation.

“Kita sudah bicarakan semuanya dengan pihak perusahaan dan mereka berjanji menjamin kebutuhan sehari-harinya selama dalam pengungsian,” katanya.

Ia mengakui bahwa ratusan TKI yang diungsikan tersebut hingga saat ini belum bisa bekerja terkait kondisi keamanan yang belum menentu di Sabah.

Terkait dengan informasi ratusan TKI yang diungsikan di Konsulat RI di Tawau dan siap dikembalikan ke Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, Soleh membantah hal itu.

“Informasi tersebut tidak benar,” tegasnya

0 Reviews

Write a Review

ione

Read Previous

Dahlan Iskan Perpanjang Jabatan Dirut Pertamina

Read Next

Curah Hujan Tinggi, Akibatkan Distribusi Bahan Pangan Terhambat