Pengembangan Dermaga Batu Ampar Terkendala Material

BATAM, IsuKepri.Com — Pembangunan pengembangan dermaga utara terminal Batu Ampar terkendala material. Di perkirakan dalam pertengahan September 2012 ini, pengerjaan tiang pancang sudah bisa dilanjutkan.

“Untuk pengembangunan pengembangan dermaga baru, masih menunggu kiriman material pancang yang kemungkinan datang pada pertengahan minggu ini,” ungkap Koordinator Pengawas Pengembangan Dermaga Terminal Batu Ampar, Benny Syahroni di Batam Centre, Selasa (4/9/2012).

Benny menjelaskan, pembangunan pengembangan dermaga utara ini memiliki panjang 670 meter dan lebar sekitar 100 meter. Pada bagian ujung dermaga ini, akan memiliki lebar yang lebih kecil.

Pengembangan dermaga utara terminal Batu Ampar ini menggunakan anggaran multi years dana APBN senilai Rp366 miliar. Dikerjakan selama 3 tahap mulai 2012 oleh PT Wijaya Karya (Wika) dengan anggaran untuk tahap pertama sebesar Rp63 miliar.

“Pengembangan dermaga ini akan berakhir pada 2014,” imbuhnya.

Menurut Benny, untuk tahap pertama pembangunan pengembangan dermaga, dimulai dengan pengerjaan overlay dermaga. Tahapan selanjutnya, pengerjaan tiang pancang dan slot dermaga.

Untuk mengantisipasi gangguan terhadap keselamatan kapal dan kelancaran bongkar muat, dalam pembangunan pengembangan dermaga juga akan dilakukan koordinasi dengan navigasi dan kantor pelabuhan laut. Seperti pemindahan buih rambu apung agar tidak mengganggu pelaksanaan pengembangan dermaga.

“Ada satu atau dua buih rambu apung yang diperkirakan akan dipindahkan,” katanya.

Pengembangan dermaga utara terminal Batu Ampar, diantaranya dilakukan untuk meningkatkan kapasitas. Dengan adanya pengembangan dermaga tersebut, diperkirakan terjadi peningkatan kapasitas dari 600 ribu TEUs menjadi 1,2 juta TEUs. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Berbulan Madu di Hotel Pesawat Bintang 5

Read Next

Diputus Sepihak, Petugas Parkir Demo Pelabuhan Internasional