BIN KEPRI GESA PELAKSANAAN VAKSINASI BAGI MASYARAKAT SECARA DOOR TO DOOR DAN VAKSINASI BAGI PELAJAR DI PULAU HINTERLAND

BATAM – Ribuan masyarakat pulau hinterland di wilayah Kota Batam mengikuti pelaksanaan vaksinasi yang diselenggarakan oleh BIN Daerah (Binda) Provinsi Kepri, pada Rabu (01/09/2021) di Pulau Terong, Kelurahan Pulau Terong, Kecamatan Belakang Padang, Kota Batam. Kegiatan vaksinasi tersebut juga disejalankan dengan pembagian sembako kepada masyarakat yang membutuhkan oleh Posko Bantuan Penanganan Covid-19 #BERBAGI yang mengusung tagline “Indonesia Sehat Indonesia Hebat”.

Total sasaran yang ditargetkan mengikuti vaksinasi sebanyak 1.181 orang, terdiri dari 880 masyarakat mendapat Vaksin Lanjutan dan 301 pelajar mendapat Vaksin Dosis I. Meskipun pelaksanaan vaksinasi dipusatkan di Pulau Terong, namun animo masyarakat untuk mengikuti vaksinasi sangat tinggi.

Peserta vaksinasi tercatat tidak hanya berasal dari Pulau Terong, tetapi juga pulau hinterland lainnya, seperti Pulau Teluk Kangkung, Pulau Teluk Sunti, Pulau Teluk Bakau, Pulau Pekasih, Pulau Geranting dan Pulau Tumbar.

Kepala Binda (Kabinda) Provinsi Kepri, Brigjen Pol. Riza Celvian Gumay menerangkan pelaksanaan vaksinasi bagi masyarakat rentan di Pulau Terong akan dilaksanakan tenaga kesehatan dengan melakukan kunjungan ke rumah-rumah penduduk atau secara door to door.

“Berbeda dengan pelaksanaan vaksinasi sebelumnya, khusus masyarakat rentan akan dilakukan vaksinasi oleh tenaga kesehatan secara door to door sebagai bentuk kehadiran negara dalam melayani masyarakat rentan, namun kesulitan untuk mendapat vaksin di tengah pandemi Covid-19 saat ini,” jelas Kabinda Provinsi Kepri yang hadir langsung meninjau pelaksanaan vaskinasi di Pulau Terong, pada Rabu.

Lebih lanjut, Riza juga mengungkapkan kegiatan vaksinasi yang diselenggarakan Binda Kepri terlaksana atas kerjasama dari berbagai pihak, yakni Pemerintah Kecamatan Belakang Padang, Polsek Belakang Padang, Dinas Kesehatan Kota Batam dan Bea Cukai Kota Batam.

“BIN akan terus menggencarkan pelaksanaan vaksinasi di wilayah Provinsi Kepri karena sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo, BIN juga dilibatkan untuk mengejar capaian vaksinasi 100 persen demi terwujudnya herd immunity,” tegasnya.

Camat Belakang Padang, Yudi Admaji, yang juga turut hadir meninjau lokasi di Pulau Terong, mengapresiasi gebrakan Binda Kepri yang mau menyambangi pulau hinterland untuk membantu masyarakat dan pelajar untuk mendapat vaksin.

“Kami mewakili masyarakat mengucapkan terimakasih bisa dibantu oleh Binda Kepri karena mengingat kalau masyarakat harus vaksin ke Pulau Batam atau Pulau Belakang Padang membutuhkan biaya, ini juga sebagai bentuk hadirnya negara karena masyarakat pulau juga berhak mendapat fasilitas kesehatan,” terang Yudi.

Salah satu masyarakat Pulau Terong, Hidayu, yang juga mengikuti vaksinasi berterima kasih atas bantuan dari BIN kepada masyarakat di pulau hinterland.

“Saya mengucapkan terima kasih banyak untuk BIN yang sudah mau datang ke Pulau Terong dan membantu masyarakat untuk mendapat vaksin, alhamdulillah kami masyarakat dari Pulau Terong bisa mendapat pelayananan yang bagus untuk vaksin,” ungkap Hidayu yang juga merupakan Ibu RT 01 RW 01 Kelurahan Pulau Terong.

Dalam pelaksanaan vaksinasi di Pulau Terong, terdapat titik lokasi pelaksanaan vaksinasi yang dikhususkan bagi pelajar, yakni di SMP Negeri 55. Ratusan pelajar antusias mengantri untuk mengikuti vaksinasi sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19 di tengah persiapan pembelajaran tatap muka.

Salah satu pelajar yang mengikuti vaksinasi, Aidid Alfian juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran pemerintah yang membantu masyarakat pulau hinterland untuk mendapat vaksin.

“Terimakasih kepada BIN yang telah menyelenggarakan vaksinasi untuk pelajar di Pulau Terong yang lokasinya cukup jauh dari Kota Batam, diharapkan ke depannya pemerintah semakin memperhatikan pelajar di pulau-pulau di luar Kota Batam,” ujar Alfian yang merupakan siswa kelas 10 SMAN 13 Pulau Terong.

Tim Publikasi Binda Kepri
INDONESIA SEHAT INDONESIA HEBAT

Redaksi

Read Previous

Binda Kepri Kembali Vaksin 5.000 Pelajar Batam

Read Next

Kebakaran Kelurahan Baloi Kota Batam, Posko Bantuan Penanganan Covid 19 Serahkan Ratusan Sembako