Koperasi di Bintan Ikuti Pelatihan Manajemen Berbasis Online

Bintan Isukepri.com – Sebanyak 30 pelaku Koperasi di Kabupaten Bintan antusias mengikuti pelatihan manajemen perkoperasian berbasis online yang di gelar Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Riau, Senin (27/8) lalu.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Hermes Agro Resort and Convention Center, Kawal – Kabupaten Bintan ini bertujuan agar koperasi mampu mengembangkan sekaligus perluasan jaringan dalam rangka memajukan unit-unit usaha yang dikelola koperasi melalui sistem informasi berbasis online.

Acara tersebut dibuka oleh sekretaris Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepri, Faturrahman, SE dan  dihadiri anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, Dewi Kumalasari serta narasumber dari Kementerian Koperasi dan UKM RI, Dr. Sanata.

IMG_4262 (1)

Dewi Kumalasari dalam sambutannya menyampaikan bahwa koperasi sebagai penopang perekonomian daerah dan nasional harus mampu memanfaatkan berbagai media online.

Zaman semakin canggih dengan adanya internet dan sosial media. Ini kesempatan yang baik bagi koperasi dalam mengembangkan unit-unit usaha bila mampu memaksimalkan media online sebagai salah satu strategi promosi dan pemasaran produk yang dihasilkan oleh koperasi, ujar anggota komisi IV DPRD Kepri tersebut.

Dikatakannya, arus informasi pada saat sekarang ini berkembang begitu cepat melalui media sosial berbasis online sehingga koperasi perlu mengambil kesempatan dalam mempublikasi kegiatan– kegiatan perkoperasian sehingga lebih dikenal masyarakat luas.

Selain itu, lanjut Dewi, pengelolaan manajemen koperasi juga harus dilakukan secara baik dan terbuka sehingga terbangun sikap saling percaya sesama anggota koperasi.

Lewat media online seperti website dapat menampilkan laporan terkait kegiatan koperasi seperti laporan keuangan dan sebagainya. Ini sebagai wujud tranparansi pengurus kepada anggota sehingga pengelolaan koperasi terkesan lebih profesional dan terbuka, katanya

Salah seorang peserta pelatihan, Kurniawan menuturkan bahwa koperasi saat ini perlu beraktualisasi agar mampu memberikan nuansa baru mengingat kebutuhan akan informasi oleh masyarakat menjadi hal yang paling penting sehingga manajemen koperasi perlu mengambil langkah-langkah strategis dalam usaha mempertahankan eksistensi sebuah koperasi melalui jaringan online.

Keberadaan Koperasi sebagai salah satu bentuk dari badan usaha, tentu saja sangat membutuhkan manajemen yang baik, maka dari itu, sesuai dengan apa yang telah disampaikan oleh ibuk Dewi merupakan terobosan dalam mencapai tujuannya koperasi bisa berjalan dengan baik dan benar, jelasnya. (Ms)