William Dorong Mahasiswa Tingkatkan Budaya Membaca

Tanjungpinang, Isukepri.com –  Membaca menjadi sebuah kebutuhan untuk mengasah dan mengembangkan kemampuan berpikir. Selain itu dengan membaca, ilmu pengetahuan seseorang pun akan bertambah sehingga peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia mudah dicapai. Hal tersebut disampaikan oleh William Hendri saat memberikan materi kepada peserta seminar pendidikan yang digagas oleh Lembaga Studi Kawasan Perbatasan dan Pembangunan Kepri (LSKP2K), Sabtu (27/5) di Asrama Haji Tanjungpinang.

Menurut William, masa depan bangsa ini sepenuhnya milik generasi muda hari ini yang kelak akan melanjutkan estafet kepemimpinan, maka budaya membaca menjadi wajib dikalangan mahasiswa yang kemudian akan berdampak pada kualitas intelektual pribadi mahasiswa itu sendiri.

“Ada istilah “Siapa yang menguasai informasi, maka dia bisa menguasai dunia”, maka budaya membaca di kalangan mahasiswa harus di tingkatkan mulai dari sekarang, karena dengan membaca banyak informasi dan ilmu pengetahuan yang kita dapat,” jelas William yang menyampaikan materi dengan sub tema “Melanjutkan Estafet Kepemimpinan dengan Peningkatan SDM berkualitas”.

William mengajak mahasiswa peserta seminar bercermin dari negara Jepang yang pernah mengalami keterpurukkan pasca perang dunia ke II namun mampu bangkit kembali menjadi negara besar dengan menerapkan budaya membaca kepada masyarakatnya.

“Alhasil kurang dari 30 tahun, akhirnya Jepang bisa kembali menjadi negara yang besar di bidang ekonomi khususnya di Asia,” cerita William di tengah-tengah peserta seminar.

Ketika menjadi mahasiswa, William mengaku aktif di organisasi kepemudaan dan selalu mendapatkan arahan dari senior-seniornya untuk membaca buku.

“Ketika selesai membaca, kemudian dipersentasikan lalu nilai-nilai yang ada pada buku di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Pria kelahiran 1982 ini juga mengaku memiliki buku sebanyak 3 lemari di rumahnya. “Bukan untuk menyombongkan diri, tapi saya ingin memotivasi kawan-kawan mahasiswa untuk meningkatkan minat membacanya,” tutup dia.

Redaksi

Read Previous

Sempena Bulan Ramadhan, HMI Batam Santuni Yatim Piatu dan Dhuafa

Read Next

HMI dan KAHMI Batam Gelar Buka Bersama