Clarity, Mobil Berbahan Bakar Hidrogen

IsuKepri.com – Honda Clarity, mobil berbahan bakar hidrogen pertama yang diproduksi perusahaan raksasa asal Jepang, telah dipasarkan di California, AS, sejak akhir 2016.

Clarity adalah satu diantara tiga mobil berbahan bakar hidrogen yang hingga detik ini telah diproduksi massal. Dua pesaing lainnya datang dari Hyundai yakni jenis ix35 FCEV yang diproduksi sejak 2015 dan Toyota Mirai yang diproduksi sejak 2015.

Clarity bakal menarik perhatian konsumen. Ia memiliki sejumlah keunggulan yang dicatat oleh EPA (Badan Perlindungan Lingkungan AS), antara lain kemampuan fantastisnya yang mampu melaju hingga 366 mil atau setara dengan 589 km dengan hanya sekali pengisian bahan bakar. Jika dikonversi ke angka konsumsi bensin, mobil disebut setara dengan 28 km per liter. Ini adalah rekor sebagai mobil nol emisi dengan jarak tempuh terjauh.

Honda Clarity juga memiliki efisiensi yang lebih baik daripada mobil listrik konvensional yang perlu memenuhi baterainya hingga berjam-jam. Clarity cukup memerlukan waktu penggantian bahan bakar selama 3-4 menit saja.

Dari sisi lain, keunggulan mobil hidrogen dibanding mobil listrik konvensinal, sebagai saingan terberatnya, sebanyak 62 persen responden meyakini kendaraan listrik akan gagal karena masalah infrastruktur. Sementara itu untuk kendaraan konvensional berbahan bakar minyak fosil, 76 persen responden percaya mesin bensin tetap penting untuk beberapa waktu ke depan. Sedangkan 53 persen petinggi otomotif dunia meyakini bahwa nasib mesin diesel di masa depan akan segera bakal punah.

Mobil hidrogen memberikan pilihan bagi konsumen yang bisa membelinya meski masih dibanderol harga yang relatif lebih mahal ketimbang mobil berbahan bakar bensin. Meski demikian, masa depan dengan visi go green dan menipisnya cadangan bahan bakar fosil membuat mobil hidrogen diprediksi akan merajai jalanan.

0 Reviews

Write a Review

Redaksi

Read Previous

Komisi III DPRD Karimun Gelar Sidak Proyek Pembangunan Jalan Baru

Read Next

Pakai Sabu, Mantan Dosen UK Di Tangkap