Pahami Tipe Genset Berkualitas

Kebutuhan genset dari tahun ke tahun semakin meningkat. Biasanya genset banyak dibutuhkan oleh perkantoran untuk mengantisipasi pemadaman listrik. Namun, sekarang beberapa rumah tangga juga tidak mau kesulitan ketika mendapat jadwal pemadaman bergilir. Banyak rumah yang juga menggunakan genset agar aktivitas di dalam rumah tetap berjalan.

Genset bukan menjadi barang yang asing lagi di dalam peralatan rumah tangga. Dengan kebutuhan genset yang semakin tinggi, banyak perusahan elektronik mengeluarkan tipe genset dengan kualitas yang baik pula. Selain itu, perusahan elektronik rumah tangga tersebut juga jual genset tipe-tipe dari luar negeri. Dari berbagai banyak tipe yang dikeluarkan, spesifikasi juga mempengaruhi harga.

Tipe: ET 1300 L

Tipe genset ini merupakan genset yang menggunakan mesin 2 tak. Bahan bakar yang digunakan ialah bensin campur oli. Dengan daya keluaran maksimal 650 watt, tipe ini lebih cocok digunakan untuk penyalaan lampu rumah tangga atau pengerjaan listrik di luar rumah. Produk genset yang sudah dilengkapi dengan AVR (Automatic Voltage Regulator) menggunakan penyalaan dengan Manual Recoil Starter. Selain itu, Dengan AVR tersebut juga menghasilkan tegangan yang stabil, sehingga aman digunakan tanpa khawatir merusak barang elektronik lainnya. Tipe ini berada pada kisaran harga Rp 1.499.000,-

Tipe: ET 1500 L

Tipe genset ini merupakan yang menggunakan mesin genset 4 tak dan produk dari China. Menggunakan bahan bakar bensin murni. Dengan daya keluaran maksimal 1000 watt, tipe ini bisa digunakan untuk rumah, toko, ataupun kantor dengan kapasitas penggunaan listrik yang tidak terlalu besar. Menggunakan tipe mesin engine A 154F dengan 1 silinder, OHV, dan air cooled. Genset yang dilengkapi dengan AVR ini memiliki tegangan yang stabil dan aman digunakan. ET 1500 L memiliki sistem pengoperasian menggunakan Manual Recoil Starter. Tipe ini berada pada kisaran harga Rp 2.299.000,-.

Tipe: ET 2900 L / ET 2900 EL

Dua tipe ini pada dasarnya memiliki spesifikasi yang sama, tetapi memiliki harga yang berbeda. Hal tersebut dibedakan dari cara pengoperasiannya. ET 2900 L menggunakan sistem pengoperasian Manual Recoil Starter, sedangkan ET 2900 LE menggunakan dua mode sistem pengoperasian, yaitu Manual Recoil Starter dan Elektric Starter. Genset keluaran dari China ini memiliki daya listrik yang tinggi, yaitu 2200 watt dengan tegangan 220V. Dengan penyediaan daya yang besar tersebut dapat digunakan untuk kebutuhan listrik yang besar pula. Bahan bakar yang digunakan ialah bensin murni. Tipe ET 2900 L berada pada kisaran harga Rp 2.999.000,-, sedangkan tipe ET 2900 LE berada pada kisaran Rp 3.299.000,-.

Tipe: ET 3900 L / ET 3900 LE

Sama seperti sebelumnya, dua tipe ini memiliki spesifikasi yang sama, tetapi memiliki harga yang berbeda. Dari dua tipe tersebut hanya memiliki perbedaan pada sistem operasinya. Apabila ET 3900 L menggunakan sistem Manual Recoil Starter, sedangkan ET 3900 LE memiliki dua mode, yaitu Manual dan elektric starter. Tipe ini memiliki daya maksimal 2800 watt dengan keluaran rata-rata 2500 watt. Kapasitas tersebut cocok digunakan di rumah, toko, atau kantor dengan kapasitas yang besar. Bahan bakar yang digunakan ialah bensin murni. Tipe ET 3900 L memiliki harga kisaran Rp 3.199.000, sedangkan ET 3900 LE berada pada kisaran Rp 3.499.000.

Dari tipe-tipe genset tersebut memiliki spesifikasi yang tidak begitu jauh. Perbedaan mendasarnya berada pada daya yang dimiliki. Dari daya tersebut, Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

Admin Isu Kepri

Read Previous

Kecanggihan GPS Dan Manfaatnya

Read Next

Gagal Berangkat, Ratusan Penumpang Blueseajet1 Tujuan Letung Tarempa Terdampar di Punggur