Kecanggihan GPS Dan Manfaatnya

Perkembangan teknologi sekarang ini sudah mampu membantu segala pekerjaan manusia. Seperti peranan smartphone sebagai alat komunikasi sehari-hari. Adanya teknologi, kita juga mampu melihat apa saja informasi di seluruh dunia. Smartphone selain untuk komunikasi, juga dapat digunakan sebagai GPS. Adanya GPS sekarang ini dapat memudahkan berbagai pencarian, seperti pencarian lokasi. Sebelumnya, GPS (Global Position System) merupakan sistem yang dapat menentukan letak dengan bantuan penyelaras atau satelit. GPS dibuat oleh Amerika dan bertujuan untuk memudahkan penetapan tempat di wilayah yang ada di bumi. GPS juga peranannya penting bagi masyarakat, terutama untuk membantu mencari lokasi. Sistem ini juga sudah terpasang di smartphone atau iphone.

GPS memiliki banyak manfaat bagi banyak pihak. Saat ini yang kita tahu mungkin untuk mencari lokasi, tetapi juga ada manfaat lain. Dengan sinyal yang dikirimkan ke bumi dapat diterima oleh alat penerima. GPS tersebut dipakai untuk menentukan arah, letak, atau waktu, sehingga kita dapat memfokuskan sebuah tujuan dengan tepat. Contoh sederhanya seperti kita menetapkan lokasi tujuan melalui sistem GPS yang ada pada smartphone. Selain itu, sistem GPS juga membantu dalam pelacakan, seperti GPS tracker yang bisa digunakan melacak posisi kendaraan dalam keadaan real-time. Selain manfaat tersebut, manfaat lainnya, yakni:

Sebagai Keperluan Militer

Dalam kemiliteran, GPS digunakan untuk membantu keperluan perang. GPS juga dapat digunakan untuk menemukan pasukan dan membedakan mana lawan dan kawan. Selain itu, perlengkapan ini juga berfungsi untuk memantau pergerakan pasukan. Dengan GPS, militer juga dapat menentukan arah bom lebih mudah, sehingga tepat sasaran.

Sebagai Navigasi

Fungsi inilah yang sering kita gunakan. GPS membantu dalam menentukan arah tujuan yang sudah kita tetapkan. Peranannya sama seperti kompas, hanya saja GPS mengarahkan kita dengan bantuan peta. Saat ini, beberapa kendaraan juga telah dilengkapi dengan peta, sehingga lebih mudah ketika kita menentukan lokasi dengan GPS.

Sebagai Sistem Informasi Geografis

Selain GPS berfungsi sebagai penentu arah, GPS juga dapat membantu dalam pemetaan peta sebagai referensi pengukuran atau penentuan jarak perbatasan. GPS sangat penting peranannya dalam dunia geografis. Baca juga: Harga Mobil Bekas Ford Kian Anjlok.

Sistem Pelacakan Kendaraan

Sekarang ini, kendaraan sudah mulai banyak yang mempunyai sistem GPS. Hal ini sangat membantu pengguna, yaitu untuk pelacakan. GPS yang terpasang di dalam mobil dapat dilacak dengan menggunakan smartphone. Dengan begitu, rawan pencurian kendaraan semakin berkurang. Selain berguna untuk menguntungkan masyarakat yang memiliki mobil, GPS juga digunakan oleh armada untuk melacak kendaraan. Armada dapat memantau pergerakan kendaraan atau asetnya.

Pemantauan Gempa

Selain GPS berfungsi sebagai penentuan lokasi, GPS juga berguna sebagai pemantauan gempa. GPS akan memantau pergerakan tanah untuk menentukan gempa, baik itu pergerakan vulkanik maupun tektonik. Adanya GPS yang berfungsi untuk memperkirakan gempa, memudahkan pihak pengamat gempa dapat mengantisipasi lebih cepat.

Itulah manfaat GPS yang perlu kita ketahui, bahwa, GPS bukan hanya sebagai penentu arah, tetapi juga dapat membantu perencanaan atau pelacakan oleh berbagai pihak, seperti militer atau armada. Adanya sistem GPS yang dibuat oleh Amerika, membuat kita lebih mudah dalam menargetkan lokasi. Saat ini, sistem-sistem lainnya juga masih dikembangkan oleh beberapa negara. Kedepannya mungkin akan lebih membantu dunia untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan. Perkembangan teknologi akan terus terjadi dari tahun ke tahun. Nantinya, kita juga akan mendapatkan berbagai kemudahan lagi dengan bantuan teknologi.

Admin Isu Kepri

Read Previous

Akankah \”trah\” Ayah Sani Warisi Tahta

Read Next

Pahami Tipe Genset Berkualitas

kecanggihan-gps-dan-manfaatnya