FPP Kepri Gelar Dialog Deradikalisasi

Lingga, IsuKepri.com – Forum Pemberdayaan Pesantren (FPP) Kepulauan Riau mengelar kegiatan deradikalisasi di Kabupaten Lingga, Senin (25/7). Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut perwakilan kementrian agama kabupaten Lingga, perwakilan Kapolres Lingga, MUI Lingga serta tokoh masyarakat.

Suprapto, sekretaris FPP Kepri mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dalam rangka meredusir paham radikal yang ada ditengah-tengah masyarakat.

“Radikalisme atas nama agama sudah pada tahap yang mengkhawatirkan. Hal ini, terbukti dengan banyaknya aksi-aksi teror seperti bunuh diri, yang terjadi di Indonesia,” katanya.

Akhir-akhir ini, publik dikejutkan dengan aksi bom bunuh diri, oleh orang yang tidak bertanggungjawab disalah satu pos polisi di Solo. Tentunya, hal ini akan menimbulkan kondisi yang tidak kondusif ditengah-tengah masyarakat.

“Pesan damai, telah tercoreng dengan aksi-aksi teror atas nama agama. Bom bunuh diri bersifat merusak, anarkistis, dan menciptakan rasa takut yang menyasar siapa pun tanpa batas,” katanya.

Suprapto juga mengatakan bahwa, teror adalah tindakan tidak berprikemanusiaan. Karena mereka telah menghilangkan nyawa orang-orang yang tidak berdosa.

“Semua pihak harus mengambil peran, untuk meredusir paham radikal, caranya adalah membentuk kelompok-kelompok, untuk memantau gerakan-gerakan yang mengarah pada tindakan radikal. Tapi, jangan asal memvonis orang radikal,” katanya.

suprapto

Read Previous

Sang Pendidik Telah Berpulang, Drs. H. Abd. Manan AR

Read Next

Kisan Jaya : Kebodohan Pangkal Perpecahan Umat