Wagub Minta Masyarakat Kepri Menjadi Duta bagi Daerah Sendiri

Tanjungpinang, Isukepri.com – Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun minta semua masyarakat Kepri mengenalkan potensi, keindahan ataupun cerita sejarah suatu daerah kepri kepada orang lain, baik itu wisatawan asing maupun wisatawan lokal.

Menurutnya metode ini sangat efektif untuk mengekspos dalam rangka mengenalkan pariwisata Kepri di tingkat Nasional maupun Internasional.

“Jarang sekali dari kita mau mengenalkan daerah kita sendiri pada orang lain. Padahal kan bisa disela-sela interaksi, kita bercerita seputar daerah sendiri. Menjadi duta bagi daerah sendiri,” sambung Nurdin saat memberikan sambutan sekaligus membuka Seminar Nasional dan Musyawarah Wilayah Sumatera Forum Kerja Sama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Se-Indonesia, di Audiotorium UMRAH Dompak, Selasa (29/3).

Dirinya menambahka, komunikasi pengenalan tersebut juga harus dibekali dengan bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional, khusus untuk interaksi dengan wisatawan asing.

•Pemprov Kepri Dorong Pemuda Mahasiswa Jadi Pengusaha dan Jauhi Narkoba

Menyinggung tema Seminar yang digagas oleh Humpunan Mahasiswa Ilmu Pemerintahan (HMIP) UMRAH, yakni ” Sinergisitas Pemerintah Pusat Daerah dalam Mempercepat Daya Saing Menghadapi MEA di Daerah Perbatasan”. Nurdin menerangkan bahwa pemuda harus berorientasikan sebagai wirausaha, mengingat banyak peluang dan potensi di Kepri yang bernilai ekonomi.

“Rubah orientasi kalian, jangan melirik jadi pegawai pegawai terus,” tegas Nurdin dihadapan 200 mahasiswa.

Menurut mantan Bupati Karimun yang belum lama ini dilantik sebagai Wakil Gubernur Kepri, Poros maritim yang dikatakan Presiden Jokowi itu berpusat di Daerah kita, tepatnya di perairan Karimun.

“Perairan laut Karimun itu sering dilalui kapal internasional baik itu kapal muatan atau kapal pesiar. Banyak yang bisa kita tawarkan disana, dari jasa air bersih hingga jasa labuh kapal dan banyak lagi yang bernilai ekonomi. Kembali pada kalian putra daerah melihat peluang atau tidak,” jelas Nurdin.

Disela-sela menutup sambutanya, Nurdin minta semua peserta seminar untuk berdiri dan berikrar jauhi narkoba, mengingat bahaya narkoba saat ini.

“Saya teriakan Narkoba, kalian jawab NO. Saya teriakan Preatasi, jawab dengan YES. Kalau saya bilang Provinsi Kepri, kalian teriak MAJU!,” ajak Nurdin semangat.

Seminar yang melibatkan mahasiswa Ilmu Pemerintahan Se-Sumatera ini dihadiri oleh Wakil Rektor UMRAH, Prof. Firdaus. Turut hadir sebagai narasumber Anggota DPRD Kota Tanjungpinang, Ade Angga dan Yudianto perwakilan dari akedemisi kampus FISIP UMRAH. (Nawrisam)

Redaksi

Read Previous

KEK Batam Strategi Tingkatkan Investasi

Read Next

Nurdin Ajak Generasi Muda Kepri Jauhi Narkoba dan Berwirausaha