Tiga Pulau Hinterland Dibangun Pelabuhan Pengumpan

Batam, IsuKepri.com – Pemerintah Pusat mengucurkan dana untuk membangun tiga pelabuhan pengumpan di tiga pulau hinterland di Kota Batam. Alokasi itu dipastikan setelah pemerintah daerah menyelesaikan Detail Engineering Design (DED) tahun lalu.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Zulhendri mengatakan, tiga pelabuhan tersebut akan dibangun di Pulau Aweng Kecamatan Bulang, Pulau Sunti di Kecamatan Belakangpadang dan dikawasan Punggur Kecamatan Nongsa. “DED nya sudah siap pada APBD P 2015. Tiga pelabuhan itu secepat mungkin dilakukan pembangunanya,”ujar Zulhendri, Senin (1/2).

Ia menjelaskan, pelabuhan yang dibangun berupa beton yang dikenal sebagai pelabuhan pengumpan. Prioritas pembangunanya juga untuk mempermudah mobilitas anak sekolah guna melakukan perjalanan menggunakan angkutan laut.

Harapanya, tiga pelabuhan itu selesai tahun ini dan dapat dinikmati masyarakat sekitar. Tahun lalu, Pemerintah Pusat juga membangun empat pelabuhan baru yang terletak di wilayah perbatasan NKRI.

Empat pelabuhan itu dibangun di tiga kecamatan yang dikategorikan sebagai Kecamatan Perbatasan, yaitu Bulang, Nongsa dan Belakang Padang.

“Dua pelabuhan dibangun di Kecamatan Bulang, dan Kecamatan Perbatasan lain dapat masing-masing satu,” kata Zulhendri.(SM)

Redaksi

Read Previous

Verifikasi, Memastikan Keberadaan Honorer

Read Next

Tujuh Agenda Penertiban Rumah Liar di 2016