5 Wisata Alam Solo Paling Dicari Para Traveler

Pesona Kota Solo yang khas dengan batik dan kulinernya memang memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan. Namun jangan sekali-kali lewatkan pesona alamnya yang menjadi sebuah aroma surgawi bagi para pecinta travel. Apa lagi untuk pengguna kartu kredit Mandiri Skyz Card yang memang didesain khusus untuk para petualang. Berangkat!

Sebenarnya objek wisata di Solo tidak hanya seputar alam saja, masih banyak lagi yang lainnya. Namun memang pesona alam yang masih jarang terjamah memberikan pesona tersendiri. Oleh karenanya, secara khusus di bawah ini akan dituturkan beberapa wisata alam Solo yang paling terkenal dan paling banyak direkomendasikan.

  1. Gua Gong

Objek wisata alam di Solo yang pertama adalah Gua Gong. Disebut Gua Gong karena ada mitos masyarakat setempat yang mengatakan bahwa konon, setiap Hari Jumat gua ini sering mengeluarkan suara mistis yang mirip dengan suara gong.

Di luar mitosnya yang banyak menyedot perhatian wisatawan, Gua Gong ini merupakan gua yang memiliki keunikan tersendiri pada bentuk stalakitnya. Selain itu Gua Gong juga memiliki keunikan lainnya yaitu bermandikan 7 mata air yang indah.

  1. Waduk Cengklik

Mencari tempat wisata alam paling dekat dengan Kota Solo? Maka jawabannya adalah Waduk Cengklik. Waduk dengan luas 400 hektar ini bisa dijangkau dengan hanya menempuh perjalanan selama 30 menit saja dari Kota Solo.

Selain digunakan untuk mengairi sawah, uniknya waduh ini memiliki fasilitas bermain jetski serta jasa sewa perahu yang hanya dikenakan biaya Rp. 40.000 saja untuk berkeliling waduk selama 20 menit.

  1. Pantai Sembukan

Ritual Larung Ageng yang dilaksanakan masyarakat setempat ini yang paling menarik wisatawan untuk datang ke Pantai Sembukan. Bahkan karena hal ini tidak jarang wartawan dari berbagai daerah datang meliput.

Selain karena adat istiadat dan mitosnya tentang Nyi Roro Kidul, letak Pantai Sembukan yang cukup dekat dengan Kota Solo juga menjadi kelebihannya. Tak heran jika Pantai Sembukan merupakan salah satu objek wisata alam paling terkenal di Solo.

  1. Grojogan Sewu Tawamangu

Grojogan Sewu Tawamangu yang berada di Daerah Karanganyar ini memiliki ketinggian hingga 81 meter! Asiknya lagi, suasana alam sekelilingnya adalah sebuah hutan lindung yang masih sangat alami dan menjadi habitat bagi berbagai hewan jinak.

Tiket masuk ke Grojogan Sewu ini sangat terjangkau karena cukup dengan membayar Rp. 18.000. Selain memiliki pesona air terjun yang khas, di sini juga terdapat kolam renang keluarga, taman rekreasi, serta toko makanan dan souvenir.

  1. Air Terjun Jumog

Jika dataran Tibet memiliki Shangrila sebagai The Lost Paradise yang mendunia, maka Solo pun memiliki The Lost Paradise-nya sendiri, yakni Air Terjun Jumog. Sebuah objek wisata alam yang terletak di Lereng Gunung Lawu ini dikatakan sebagai surga yang hilang karena pesona alamnya yang luar biasa indah dan eksotik.

Dengan gelar Lost Paradise ini tentu akan membuat para wisatawan penasaran dan terpana dengan pesonanya. Oleh karenanya tidak heran jika banyak dari wisatawan yang mengabadikan potret mereka di sini.

Selain itu, di sekitar Air Terjun Jumong juga terdapat cottage dan beberapa homestay cozy yang bisa disewa. Tentunya hal ini sangat mendukung travel alam kita. Dengan kemudahan ini kita juga bisa menggunakan Mandiri kartu kredit secara maksimal. (Desi)

Andria Gutama

Read Previous

5 Makanan yang dapat Memicu Kanker Prostat

Read Next

Omset Rp10 Juta Perhari Hanya Dari 3 Cabang Teh Tarik