• September 28, 2020

Semangat Memajukan UMKM Melalui Pelestarian Kue Melayu Batam

Batam, Isukepri.com – Rosnendya Wisnu Wardhana, Pemenang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) tahun 2010 kategori Pascasarjana dan Alumni Bidang Usaha Toga tidak merasa malu dengan hanya berjualan kue di Kota Batam. Terlepas dari tanggungan orang tua menjadikan wisnu berpikir keras untuk mandiri dengan berjualan kue sebagai pilihannya yang diberi naman Kue Bingka Bakar Nay@Dam.

“Setelah menelaah perluang bisnis yang tepat, akhirnya saya dan istri memutuskan untuk menjual kue Bingka yakni kue asli melayu Batam yang hampir punah dan terlupakan oleh masyarakat. Resep kue tersebut saya dapatkan dari nenek istri saya yang memang asli Melayu Batam. Kue Bingka ini kami konsepkan sebagai oleh-oleh khas Batam dengan dalih upaya pelestarian kebudayaan yang hapir hilang,” ujarnya.

Dengan resep yang didapatkannya tersebut, tidak membuat Wisnu berbangga hati. Ia lantas mengotak atik resep yang diterimanya guna mendapatkan rasa yang enak nan unik dan dapat dterima dipasaran dengan kemasan yang menarik.

Usaha yang bermula sejak tahun 2009 ini hanya bermodal Rp5 juta ini hasil dari Jamsostek yang dixairkan saat berhenti bekerja dari sebuah perusahaan ini, kini omset yang diperoleh hingga Rp100-Rp150 juta perbulan.

“Hal ini bermula pada tahun 2010 ketika membeli ruko dan mulai menjalin kerjasama dengan travel guide. Outlet kamipun terus bertambah hingga mencapai enam outlet. Kami juga menambah varian menjadi 12 varian rasa termasuk varian daun pandan dan original,” tambahnya.

Meskipun dengan kemajuan yang pesat tersebut, Wisnu tidak berniat membuka outlet diluar Kota Batam. Hal ini bukan tidak mendasar, Wisnu ingin menjadikan Kue Bingka Bakar Nay@Dam menjadi oleh-oleh Khas Kota Batam.

“Saya ingin Kue Bingka Bakar Nay@Dam ini menjadi oleh-oleh Khas Batam. Untuk menjangkau pasar yang lebih luas, kami juga membuka restoran berkonsep Melayu, yaitu Pak Ngah Kopitiam di Tanjungpinang dan di Jakarta,” katanya.

Dengan berkembangnya berbagai usahanya membuat Wisnu bersemangat untuk membantu mengembangkan UMKM di Indonesia khususya di Kepulauan Riau. Selain menjabat sebagai ketua sebuah organisasi UKM di Batam, Wisnu mempersilahkan kepada seluruh pelaku usaha UKM untuk dapat menitipkan produk kreatifnya di outlet-outlet Kue Bingka Bakar Nay@Dam dan restoran Pak Ngah kopitiam miliknya dengan sistem konsinyasi.

0 Reviews

Write a Review

Admin Isu Kepri

Read Previous

Mengkeng, Cronut Lebih Ekskusif Dibandingkan Donat

Read Next

Pengembangan Koperasi dan UMKM Perlu Digalakkan