• September 28, 2020

Pengembangan Koperasi dan UMKM Perlu Digalakkan

Tanjungpinang, Isukepri.com – Dalam upaya mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah, Pemerintah Kota Tanjungpinang terus menggalakkan pengembangan usaha bagi pelaku usaha di sektor Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang berada di Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH mengatakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tanjungpinang adalah melakukan pemisahan terhadap dinas yang terkait agar lebih fokus.

“Ini merupakan bagian dari visi isi saya, untuk mengembangkan para pelaku usaha UMKM yang ada di Kota Tanjungpinang, oleh sebab itu, saya memisahkan antara dinas pasar dan dinas perindustrian,” ujar Lis saat membuka Kegiatan Pengembangan Koperasi melalui Pelatihan Teknis dan Kegiatan peningkatan Kewirausahaan UMKM Kota Tanjungpinang Tahun 2015, di Aula Badan Perpustakaan Arsip dan Museum Tanjungpinang, Rabu (25/11)

Dengan pemisahan tersebut, Disperindag akan berfokus terhadap penanganan terkait ekonomi mikro sedangkan dinas pasar akan lebih berfokus pada koperasi, usaha mikro kecil dan mengenah serta pasar.

“Kegiatan ini sangat penting bagi bapak/ibu semua selaku pelaku usaha. Pelaku usaha dapat memanfaatkan potensi kearifan lokal dalam mengembangkan usahanya, dan akan menguntungkan bagi para pelaku usaha khusunya usaha mikro jelang pelaksanaan MEA mendatang. UKM dapat mengangkat potensi yang ada di daerah kita, dan kita harus mampu bersaing dengan prodak luar, karena 45 persen peningkatan ekonomi itu, digerakkan oleh ekonomi kerakyatan,” Tambah Lis

Kepada seluruh peserta, besar harapan dari Lis agar dapat memaksimalkan dan memanfaatkan kegiatan ini guna peningkatan usaha yang digeluti.

“Dalam kegiatan ini, Bapak/ibu jangan sungkan untuk menyampaikan permasalahan yang dihadapi sehingga dapat menghambat perkembangan usahanya maupun terkait managerial usaha yang baik,” tuturnya,

Ia menambahkan bahwa dengan adanya Dinas Pasar, Koperasi dan UMKM ini dapat lebih berfokus terhadap penanganan permasalahan yang ada di Koperasi dan UMKM, baik persoalan terkait pemasaran, permodalan, produk UMKM hingga permasalahan SDM.

“Kegiatan ini sanagat penting dilaksanakan agar para pelaku usaha dan koperasi dapat menigkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam mengembangkan usaha dan koperasinya” katanya.

0 Reviews

Write a Review

Admin Isu Kepri

Read Previous

Semangat Memajukan UMKM Melalui Pelestarian Kue Melayu Batam

Read Next

KMP Kepri Ajak Masyarakat Perbatasan Tingkatkan Nasionalisme