• September 28, 2020

Kebutuhan Meningkat, Alia Memulai Bisnis Parcel

Batam, Isukepri.com – Berprofesi sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan swasta yang setiap menjelang hari raya selalu mendapatkan kiriman parcel dari relasi perusahaan tempat Ia bekerja, Alia (27) dan Rahmad (29) mulai menyadari tingkat kebutuhan parcel di sekitar tempat tinggalnya ternyata masih sangat besar.

Pada saat itu saya bersama suami melihat di kota Batam ini belum terdapat produsen parcel, padahal kota Batam adalah kota industri. Hal inilah yang kemudian mendorong kami untuk memulai bisnis parcel, ucap Alia.

Berbekal hobi di bidang internet marketing, Alia pun mulai membuat sebuah blog gratisan untuk menjual Parcel Lebaran di pertengahan tahun 2009. Saya dan suami belajar membuat parcel secara otodidak, kami mencari bahan baku dan berinovasi dengan produk-produk yang ada di pasaran, kenangnya.

Melihat respon pasar yang begitu bagus dan permintaan parsel yang selalu meningkat dari tahun ke tahun, sepasang suami istri ini mulai serius menekuni bisnis parcel dan berusaha untuk meningkatkan pelayanan bagi pelanggannnya. Kami kemudian mengembangkan usaha ini dengan kemasan yang lebih menarik untuk menampilkan produk dengan lebih baik serta memberikan kemudahan pembayaran bagi konsumen, tambah Rahmad.

Untuk memperluas jangkauan, Alia juga memasarkan produknya melalui internet dengan menggunakan media sosial dan blog. Di awal-awal merintis usaha, Alia bersama pasangannya cukup kesulitan untuk mendapatkan kepercayaan calon pelanggan. Apalagi di tahun 2009 masyarakat belum begitu familiar dengan transaksi jual beli online, untuk meyakinkan calon konsumennya Ia berusaha memberikan deskripsi produk yang dijual selengkap-lengkapnya serta memberikan detail alamat dan kontak yang jelas.

Ternyata strategi pemasaran secara online tersebut juga cukup berhasil, kini produk yang meraka hasilkan dapat menjangkau pasar seluas mungkin dan saat ini telah tersebar di berbagai wilayah, bahkan beberapa kali pernah mengirimkan parcel hingga ke beberapa negara asia lainnya seperti Singapura dan Malaysia.

Memberdayakan 8 orang karyawan yang semuanya rata-rata ibu rumah tangga, setiap harinya Alia dapat menghasilkan 40 pcs parcel hias atau sekitar 500 pcs parcel box. Parcel yang dimaksud disini berupa parcel makanan dan parcel pecah belah, dimana setiap parcel memiliki keunikan tersendiri yang juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan.

0 Reviews

Write a Review

Admin Isu Kepri

Read Previous

Pemko Batam Rencanakan Kembangkan Kawasan Islamic Centre di 2016

Read Next

Tim Kampanye SAH Temukan Adanya Kampanye Hitam