Bukit Kerang Diusulkan Jadi Cagar Budaya Nasional

Bintan,Isukepri.com – Pemerintah Daerah Kabupaten melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan akan mengusulkan Bukit Kerang yang terletak di Kelurahan Kawal Kecamatan Gunung Kijang menjadi cagar budaya nasional.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan, Luki Zaiman Prawira usai mengadakan Forum Group Discussion (FGD) bersama Balai Pelestarian Cagar Budaya Kabupaten Bintan, Balai Arkeologi serta Balai Pelestarian Nilai Budaya Tanjungpinang di Ruang Kantornya, Rabu (10/6) kemarin.

“Hasil FGD ini akan ditindak lanjuti dengan pendaftaran dan penetapan bukit kerang sebagai Cagar Budaya Bintan,” ujarnya

Sesuai dengan tema “‘Situs Bukit Kerang dan Tari Melemang”‘, kelompok FGD ini membahas penetapan hak karya seni dan budaya serta pengusulan bukit yang terbentuk dari kulit kerang ratusan tahun lalu itu menjadi salah satu cagar budaya nasional.

“Penetapan ini nantinya akan diteruskan ke Pemerintah Provinsi Kepri terbelebih dahulu supaya jadi Cagar Budaya Provinsi. Setelah melawati proses itu, kemudian diusulkan menjadi salah satu Cagar Budaya Nasional,” tambah Luki menjelaskan teknis wacana pengusulan Bukit Kerang itu.

Tentunya, menurut Luki, hal ini perlu pengkajian secara khusus oleh Team Ahli Cagar Budaya Nasional untuk melakukan kajian dan penelitian khusus terlebih dahulu.

Apabila Bintan memiliki Cagar Budaya Nasional, jelas Luki, tentunya akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Bintan dan Kepri pada umumnya sekaligus memberi nilai tambah bagi wisatawan yang berkunjung di Bintan. (Zai)

suprapto

Read Previous

Tokoh Pejuang Pembentukan Provinsi Kepri Rusli Silin Meninggal Dunia

Read Next

Warisan Sejarah Kekayaan Bawah Laut Bintan Perlu Dilestarikan