Peyek Daun Mewakili Kepri Tingkat Nasional

UKM Peyek Daun Ibu Eko

Batam, Isukepri.com – Snack olahan Sri Ekowati bersama suaminya ini ternyata pernah ikut mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam lomba Tanaman Obat Keluarga (TOGA) tingkat Nasional pada 2013 silam di Kalimantan, bahkan sudah tidak heran jika toko oleh-oleh aneka snack miliknya sudah terkenal sampai negara tetangga seperti Singapura.

Snack jenis peyek yang pernah dibawa Ibu Gubernur Kepulauan Riau, Ibu Hj Aisyah Sani pada event tersebut ternyata berbahan baku dari olahan buah seperti buah naga, serta beragam sayuran, aneka hasil laut seperti rumput laut dan bahan-bahan alami yang melimpah di Batam.

Akrab dengan sapaan Ibu Eko bersama suaminya ini tekun mengolah aneka snack dari bahan baku yang berada di kota industri tersebut yang sudah dijalaninya sejak 2007 sampai saat ini. Terbukti, dalam sebulannya Ia bisa menghasilkan RP. 6.500.000 dengan modal kurang lebih RP. 500.000. Harga yang tidak terlalu mahal ini lah yang membuat Aneka Snack ini masih tetap hidup dengan menjajakan peyek daun seledri Rp, 10.000, Stick Buah Naga Rp. 25.000 dan Dodol buah naga atau rumput laut 15.000.

Kini usahanya berkembang dengan menggarap aneka Peyek seperti daun seledri, daun sirsak, daun salam, daun singkong, daun bayam, daun selada, daun kemangi, daun bluntas dan daun alpokat.

Meskpun sudah banyak peminatnya, namun bu Eko tidak melupakan para tetangganya sebagai wujud hubungan bermasyarakat, dengan cara melibatkan mereka untuk membantunya dalam menyediakan pesanan dalam jumlah besar. Selain itu, Ia juga mengembangkan UPPKS (Usaha Pengelola Pendapatan Keluarga Sejahtera) dengan beranggotakan 15 orang.

Melalui Bank Sampah inilah kelompoknya juga memanfaatkannya sebagai suatu penghasilan tambhana ekomomi, sebagai contoh memanfaatkan limbah plastik yang bisa didaur ulang untuk dihias menjadi aneka Tas dan dompet dengan nilai jual yang lumayan.

Seiring berjalanannya usaha tersebut, pemerintah diharapkannya untuk bisa memberikan pembinaan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas serta pemasaran hasil produksi usaha kecil.

suprapto

Read Previous

Pendaftaran Calon Brigadir Polisi Diperpanjang Hingga 2 Mei

Read Next

Koperasi Pri Asoka, Berusaha Wujudkan Transportasi Siswa