Bintan English Mulai Diterapkan Pada Pelajar 

Bintan, Isukepri.com – Bupati Bintan, Ansar Ahmad mengatakan untuk menujang sumber daya manusia (SDM) khususnya disektor pariwisata, sudah sepantasnya Bintan English (Binglish) mulai diterapkan kepada pelajar. 

Untuk menunjang Binglish tersebut Pemerintah Kabupaten Bintan akan memperbanyak lembaga pendidikan bahasa Inggris agar anak-anak Bintan mahir berbahasa Inggris.

Ansar menambahkan, banyaknya investor baik dalam maupun luar negeri yang melirik Bintan sebagai tempat berinvestasi terutama dibidang pariwisata membuat pemerintah terus berupaya untuk mengembangan SDM mahir berbahasa Inggris sebagai salah satu aset daerah.

Banyak investor yang ingin berinvestasi dalam bidang pariwisata harusnya bisa menjadikan warga Bintan mudah mendapatkan pekerjaan. Tentu itu tidaklah mudah karena masih banyak anak-anak Bintan belum mahir bahkan tidak bisa sama sekali berbahasa Ingggris,” ujar Ansar saat menerima kunjungan kerja Komisi VI DPR RI bersama calon investor di Bintan Expo – Tanjungpinang, Selasa (28/4).

Ansar mengungkapkan, untuk memahirkan diri dalam berbahasa Inggris memang tidak mudah. Mengingat bahasa tersebut selain memiliki perbedaan antara baca dan tulis,  pelajar  juga sering mengalami kesulitan dalam menyusun kosa kata ke dalam kalimat karena struktur penyusunannya berbeda dengan bahasa Indonesia.

Kita sering dengar istilah Singlish (Singapore English), harusnya Bintan juga memiliki pola atau cara tersendiri dengan istilah Binglish (Bintan English). Pola  Binglish ini merupakan pola yang sangat tepat karena kita hanya berpatokan pada perluasan kosa kata, jelas Ansar.

Pola Binglish, menurut Ansar merupakan cara tepat karena muridnya hanya diwajibkan belajar kosa kata dan menyusun kalimat sesuai dengan pemahamannya sendiri. Sehingga ini bisa memotivasi anak-anak untuk tetap menggunakan bahasa Inggris tanpa merasa malu ataupun terlalu banyak mikir rumus-rumus yang susah untuk dipahami oleh pemula.

Setelah terbiasa menggunakan bahasa Inggris, baru siswanya diajarkan bagaimana grammatical (Tata Bahasa) yang benar.

Karena dasar untuk mahir dalam bahasa Inggris adalah dari kosa kata dan tata bahasa,” ucapnya. (Zai)

suprapto

Read Previous

Sekdako Tanjungpinang Buka Gawai Seni Tahun 2015

Read Next

Taufan Handy Craft Salmah Hani, Setiap Barang Ada Nilainya