Gubernur Kepri Gelar Dialog Bersama Kelompok Nelayan Madong

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebelum pelaksanaan panen raya ikan di Kampung Madong, Senggarang, Gubernur Kepri, H. Muhammad Sani menyempatkan dirinya untuk temu bicara atau berdialog bersama para kelompok nelayan Madong, Kamis (12/2).

Temu bicara itu juga, dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kepri, Raja Ariza. Dalam sambutannya, Ariza menyampaikan, beberapa bantuan yang telah diberikan Pemerintah Provinsi Kepri untuk kelompok budidaya perikanan di Kampung Madong.

Selama ini, Provinsi Kepri telah membantu bibit ikan, pakan dan keramba jaring apung (KJA) high density polyethylene (HDPE), ucap Ariza.

Usai pemaparannya, Ariza mempersilahkan perwakilan masing – masing kelompok untuk berdialog dengan Gubernur Kepri, H. Muhammad Sani.

Dalam dialog itu, Ketua Kelompok Ikan Kerapu Kampung Madong, Saleh menyampaikan, permasalahan yang dihadapi para nelayan Madong di lapangan.

Kami kekurangan keramba jaring apung, karena keramba yang ada sudah tidak layak lagi. Kami meminta bantu keramba seperti yang ada saat ini, ucap Saleh.

Selain itu, Saleh juga meminta Gubernur Kepri untuk membantu Kelong Apung, serta bantuan mesin tempel dengan ukuran 15 PK.

Sementara, Ketua RT V RW 2 Kampung Madong, Iwan menyampaikan, keluhan masyarakat Kampung Madong terkait tempat pemakaman umum. Karena, pemakaman sekarang ini sudah penuh.

Memang ada lahan yang akan kami beli, dan kami mohon bantuan dari Gubernur. Selain itu juga, kami meminta bantuan tenda untuk di Kampung Madong ini, ucapnya.

Atas permintaan masyarakat Kampung Madong tersebut, Gubernur Kepri, H. Muhammad Sani menanggapi beberapa permintaan dari masyarakat tersebut.

InsyaAllah, sebentar lagi kita akan melakukan panen raya. Hal ini juga, merupakan upaya Pemerintah Provinsi Kepri untuk mensejahterakan masyarakat, ucap Sani.

Sani menyampaikan, Pemerintah Provinsi Kepri berupaya agar budidaya ikan ini lebih baik, karena dengan budidaya ini nampak hasilnya.

Budidaya inilah yang terus kita kembangkan di Kepri. Alhamdulillah hasilnya sangat bagus. Ternyata hari ini kita berhasil panen raya sekitar 7,5 ton. Setelah ini nanti, akan dikembangkan lagi budidaya ini, ujarnya.

Menurutnya, seperti inilah usaha pemerintah untuk membantu nelayan dan terus mendorongnya. Sehingga, nelayan di Kepri kedepan bisa berkembang.

Dalam pertemuan ini juga, saya mendapat masukkan terkait keramba yang sudah tidak layak. Maka kita (Pemerintah) akan berusaha membantunya, kata Sani.

Sementara, tambah Sani, program kelong apung untuk tahun ini sudah tidak bisa, karena anggaran sudah berjalan. Sedangkan, terkait lokasi pemakamanan tersebut, masyarakat bisa koordinasi dengan pak camat. Namun, kalau permintaan ambulan, kita bisa sediakan, ucap Gubernur.

Dalam dialog itu juga, Ketua PKK Provinsi Kepri, Hj. Aisayah Sani langsung menyanggupi permintaan warga yang meminta kompang untuk ibu – ibu Kampung Madong. InsyaAllah, kompang itu akan kita bantu, ujarnya. (ALPIAN TANJUNG)

activate javascript

activate javascript

Alpian Tanjung

Read Previous

DKP Kepri Panen 7,5 Ton Ikan di Madong

Read Next

DKP : Sasaran Bantuan Se – Kepri Sebanyak 18000 RTP