2015, Dispar Kepri Targetkan Kunjungan Wisman 2,36 Juta

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepulauan Riau, menargetkan kunjungan wisatawan di Kepri meningkat di tahun 2015 ini dari tahun sebelumnya.

Target kita (Dispar) untuk kujungan wisman pada tahun ini sekitar 2,36 juta jiwa di Kepri. Sedangkan jumlah wisatawan 2014 yang masuk ke Kepri hingga November 2014 sekitar 1,9 juta jiwa. Namun, untuk data wisman pada Desember 2014, kami belum memperolehnya dari Badan Pusat Statistik (BPS), ucap Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri, Guntur Sakti, kemarin.

Meski belum mendapat data wisman pada Desember 2014 lalu, namun Guntur yakin bisa mencapai target sekitar 2 juta wisman pada tahun 2015.

Karena, Kota Batam merupakan penyumbang terbesar dan sudah melebihi target pada November 2014 lalu. Target wisman Batam 2014 adalah 1,3 juta jiwa. Bulan November saja sudah 1,4 juta jiwa. Itu sudah melebihi target. Kalau wisman yang masuk Batam mencapai 100 ribu pada Desember 2014, maka target kita bisa 2 juta atau lebih,” ujarnya kepada sejumlah wartawan.

Ia juga mengatakan, pintu masuk wisman di Kepri adalah Batam, Bintan, Karimun dan Tanjungpinang. Melihat trend wisman yang masuk ke Kepri selalu meningkat. “Kami optimis target bisa tercapai tahun ini,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga akan menginventarisir semua event wisata di Kepri pada tahun 2015 ini. Serta, data tersebut akan dikumpulkan dan disampaikan kepada Kementerian Pariwisata.

“Kami akan meminta kementerian agar bisa membantu setiap penyelenggaraan event wisata di Kepri. Jumlahnya mencapai puluhan kegiatan,” ucap Guntur.

Ia mengaku, wisman yang paling banyak masuk ke Kepri masih didominasi warga Singapura, dan Malaysia saat ini. Namun, potensial market Kepri yang tumbuh beberapa tahun belakangan ini adalah Tiongkok, India, Korea dan Filipina, ujarnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Pasukan Kuning Masih Digaji UMK Tahun 2014

Read Next

Disperindag Kepri Ajukan Mobil Operasional Tak Direspon