BBM Naik, Daging Ayam Turun Rp3 Ribu di Batam

Batam,IsuKepri.com – Kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp2 ribu per liter, ternyata tidak berpengaruh terhadap harga daging dan daging ayam dibeberapa pasar di Kota Batam, Selasa (2/12).

Dari hasil inspeksi dadakan (sidak) tim ekonomi Pemerintah Kota (Pemko) Batam di pasar Botania Batam Centre, harga lauk pauk tersebut justru mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Ayam potong yang awalnya Rp28 ribu per kilogram, turun menjadi Rp25 ribu per kilogram. Sementara ayam bulat yang awalnya di bandrol Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp27 ribu per kilogram. Sedangkan ayam hidup dari Rp22 ribu per kilogram menjadi Rp17 ribu per kilogram.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Pemko Batam, Suzairi mengatakan, kenaikan terjadi pada komoditi sayur – sayuran.

“Yang naik itu sembako dan sayur – sayuran. Antara lima sampai 10 persen,” ujar Suzairi.

Dari hasil pantauan, didapati harga sayur daun katu yang awalnya Rp12 ribu menjadi Rp14 ribu per ikat. Sedangkan pakis dari Rp10 ribu menjadi Rp12 ribu perikat. Sementara telor naik Rp12 ribu per pak.

“Kalau perbiji itu dari Rp1100 menjadi Rp1200. Minyak curah dibaderol Rp11 ribu dan minyak packing naik Rp500 per kilo,” tambahnya.

Dikatakannya, kenaikan yang signifikan terjadi pada cabe merah dan cabe rawit. Harga cabe merah dari Rp48 ribu menjadi Rp72 per kilogram. Sementara cabe rawit dari Rp32 ribu menjadi Rp68 ribu per kilogram.

Untuk harga ikan masih standar. Ikan yang naik hanya ikan lebam dari Rp35 ribu menjadi Rp37 ribu per kilogram. Sementara kerang dari Rp35 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram. Bawang merah dan putih stabil. Beras naik Rp5 ribu per kilo,” paparnya. (SUTIADI MARTONO)

Alpian Tanjung

Read Previous

Warga Desak Pemko Batam Bebaskan Lahan di Pulau Galang

Read Next

HUT Korpri, Pejabat Eselon II Jadi Petugas Upacara