26 KUBE Khusus Perempuan Dapat Bantuan Modal Usaha

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sebanyak 26 kelompok usaha bersama (KUBE) khusus perempuan di Kota Tanjungpinang, mendapat bantuan modal usaha sekitar Rp20 juta per kelompok dari Pemerintah Kota Tanjungpinang melalui Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Kota Tanjungpinang.

Bantuan itu juga langsung diserahkan oleh Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah kepada kelompok Kube perempuan penduduk miskin di aula Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Rabu (24/12).

Lis mengatakan, bantuan untuk Kube yang diberikan, bisa digunakan dan semoga dimanfaatkan bagi kelompok usahanya.

“Atas bantuan ini, para kelompok Kube harus lebih kreatif dan bisa membentuk ide – ide baru untuk mengembangkan kelompoknya,” kata Lis.

Kemudian, tambahnya, untuk BP3AKB Kota Tanjungpinang, agar terus mengawasi Kube perempuan yang ada di Kota Tanjungpinang.

Walikota Tanjungpinang ini juga menyampaikan, seluruh Kube perempuan yang ada di Kota Tanjungpinang, supaya tidak terputus hubungan untuk mendapatkan informasi, maka Lis meminta kepada kelompok Kube perempuan bisa menghubungi dan meminta nomor teleponya di tiga kepala dinas yang ada di Kota Tanjungpinang yaitu Dinsosnaker, Disperindag dan BP3AKB.

“Apabila nanti terjadi kendala di lapangan, maka tiga kepala dinas bisa dihubungi,” papar Lis dihadapan para kelompok Kube yang hadir.

Selain itu, kata Lis, untuk kelompok Kube yang berhasil dan kedepan berkeinginan mengembangkan usahanya, maka Pemko Tanjungpinang akan membantu kembali dengan pogram yang lain.

Bagi Kube yang ingin mengembangkan usahanya lebih maju lagi dan apabila terkendala modal, maka kami (Pemko Tanjungpinang) akan bantu,” kata Lis.

Terpisaha Kepala BP3AKB Kota Tanjungpinang, Ahmad Yani mengatakan, bantuan ini merupakan pogram dari pemerintah daerah untuk membrantas kemiskinan.

“Dengan tujuan untuk memberdayarkan masyarakat atau penduduk miskin khususnya perempuan supaya mandiri dan juga bisa membantu perekonomian keluarga mereka,” kata A Yani.

Dikatakannya, ada sekitar 26 kelompok Kube yang ada di Kota Tanjungpinang dapat bantuan modal usaha dan usaha kelompok tersebut seperti, usaha makanan, usaha kedai rokok, usaha kerajinan dan banyak lagi lainnya.

“Satu kelompok usaha Kube dibantu sekitar Rp20 juta dengan total bantuan yang diberikan badan BP3AKB selama 2014 sebesar Rp520 juta di empat kecamatan Kota Tanjungpinang,” ujar Yani. (AFRIZAL)

Alpian Tanjung

Read Previous

7 Warga Binaan Rutan Tanjungpinang Dapat Remisi Natal

Read Next

BNP Kepri Gagalkan Penyelundupan 948 Gram Sabu