• September 27, 2022

PKK Bintan Gelar Seminar Perlindungan Anak

Bintan, IsuKepri.com – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Bintan, menggelar seminar sosialisasi perlindungan anak terhadap kejahatan seksual dalam keluarga, sekolah dan lingkungan selama satu hari di Wisma Karya Antam Kijang, Kecamatan Bintan Timur, pada Selasa (11/11).

Ketua Pokja II Hj. Ita Hartono mengatakan, pada seminar yang dilaksanakan ini juga, diikuti sebanyak 150 orang yang berasal dari pengurus TP PKK Kabupaten Bintan dan pengurus TP PKK Kecamatan se Kabupaten Bintan, serta menghadirkan narasumber Hadi Utomo dari LSM Peduli Anak dari Bandung.

Pelaksanaan seminar ini juga, atas banyak kekesaran yang menimpa anak – anak. Hingga April 2014, kejaksaan telah menangani sebanyak 1.463 perkara kekerasan terhadap anak, termasuk sisa kejadian pada tahun 2013 lalu sebanyak 255 perkara, ucap Ita.

Ia mengatakan, sesuai dengan Inpres No.5 tahun 2014 tentang GN – AKSA yang melibatkan 13 kementerian, ditambah Kapolri dan Jaksa Agung, serta di ketua oleh Kemenko Kesra dan Wakil Kemenko Polhumkam.

Maka dibentuklah GN – AKSA ini yang meliputi edukasi dan sosialisasi tentang pencegahan dan pemberantasan kejahatan seksual pada anak, ujarnya.

Sedangkan, tambahnya, gerakan yang mendorong pengawasan anak yang dilakukan mulai dari tingkat keluarga, RT – RW, masyarakat dan seluruh komunitas lokal. Respon cepat oleh kepolisian dan aparat penegak hukum lainnya dalam menangani pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

Maka, kami atas nama TP PKK Kabupaten Bintan yang bekerja sama dengan BPMPKB Bintan, ingin ikut berperan serta dan mengadakan seminar ini, paparnya.

Sementara, usai seminar Wakil Ketua TP PKK Kabuapaten Bintan, Hj. Nur Sa”‘adah Kahzalik menyerahakan uang pembinaan kepada Ketua TP PKK kecamatan atas penilaian lomba admintrasi PKK tingkat Kabupaten Bintan yang dilaksanakan seminggu lalu oleh TP PKK Bintan.

Adapun, pemenang lomba administrasi PKK tingkat Kabupaten Bintan, mendapat juara harapan adalah Kecamatan Bintan Pesisir, Sri Kuala Lobam dan Tambelan serta yang mendapatkan peringkat pertama adalah Kecamatan Gunung Kijang, kedua Mantang dan ketiga Kecamatan Bintan Utara. (**)

Alpian Tanjung

Read Previous

Anggota Dewan Enggan Gunakan Mobil Dinas Tua

Read Next

PKK Bintan Sosialisasikan Pencegahan Kekerasan Seksual Terhadap Anak