Mensos : Data Masyarakat PKH Akan Selalu Diperbaharui

Batam, IsuKepri.com – Menteri Sosial (Mensos) RI, Khofifah  Indar Parawansa mengatakan, untuk penerima dana program keluarga harapan (PKH) akan selalu diaudit dan diperbaharui setiap tahunnya.

“Penerima dana untuk keluarga kurang mampu, tentunya tidak akan sama, karena data setiap tahun akan diperbaharui terus,” ucap Khofifah saat menyosialisasikan Program Keluarga Harapan (PKH) bagi keluarga tak mampu di Kampung Belian, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Minggu (30/11).

Menurutnya, jumlah kemiskinan pastinya akan berkurang dan tingkat perekonomian masyarakat juga akan meningkat.

Tentunya, dana itu juga harus tepat sasaran, jangan sampai yang layak menerima ternyata tidak. Hal yang terpenting adalah keakuratan data, dan selalu diperbaharui, papar Khofifah.

Ia juga menyampaikan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memiliki tujuh kabupaten kota, yaitu Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Lingga, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna, sementara PKH dilaksanakan secara nasional pada tahun 2007 lalu.

Kemudian pada tahun 2010, PKH yang dimulai di Provinsi Kepulauan Riau dan dilanjutkan pada tahun itu juga, menetapkan Kabupaten Bintan dan Kota Batam sebagai lokasi pengembangan, ucapnya.

Selain itu, kata Mensos RI ini, tahun 2014 telah ditetapkan lima kabupaten kota dan hanya dua kabupaten yang belum, yaitu di Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Natuna. Sedangkan, untuk jumlah peserta PKH di Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 6.752 Keluarga Sangat Miskin (KSM), dengan total bantuan Rp2.578.082.500 yang disalurkan pada November dan awal Desember 2014.

Sementara, Sumber Daya Manusia (SDM) yang mendukung pelaksanaan PKH di Provinsi Kepulauan Riau, yaitu terdiri dari 1 koordinator wilayah, 11 operator, serta 58 pendamping‎.

Total bantuan PKH KSM tahun 2010 – 2014 se Provinsi Kepulauan Riau sebesar Rp38.260.585.000, paparnya. (AJANG NURDIN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Mensos Targetkan Penyandang Disabilitas di Indonesia Terbebas Hambatan

Read Next

Gerakan Bersama Cinta Anak Yatim Lakukan Penggalangan Dana