DKP Kepri Gelar Safari Gemar Ikan di Tanjung Uban

Ikan merupakan salah satu sumber pangan dan sangat berperan penting dalam aspek, ekonomi, sosial, budaya dan politikIndonesia. Untuk mensukseskan program ketahanan pangan nasional, sektor kelautan dan perikanan memegang peranan penting antara lain dalam penyediaan sumber protein  untuk pemenuhan gizi masyarakat yang pada akhirnya menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas.

Berdasarkan usulan para pihak terkait dan merujuk pada peringatan World Fisheries Day setiap tanggal 21 November 2014, maka Hari Ikan Nasional ditetapkan setiap tanggal 21 November melalui Keputusan Presiden RI No 3 Tahun 2014 tanggal 24 Januari 2014. Dalam konteks peningkatan konsumsi ikan, dengan lahirnya Hari Ikan Nasional diharapkan akan ada himbauan dari Presiden RI kepada seluruh masyarakat agar mengkonsumsi ikan lebih banyak  sehingga akan meningkatkan derajat kesehatan dan kecerdasan manusia.

Mengingat pentingnya GEMARIKAN Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, maka Dinas Kelautan dan Perikanan menggelar Safari GEMARIKAN ke SDN 002 Tanjung Uban pada tanggal 15 November 2014.  Acara ini menghadirkan narasumber seorang dokter dari RSUD Tanjung Uban, dr. Yohana Ika Carolina yang menyajikan materi tentang  pentingnya mengkonsumsi ikan bagi tubuh manusia. Acara yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 2 dan kelas 3 ini makin semarak  dengan adanya kuis-kuis  dari panitia DKP Prov Kepri. Di penghujung acara ditutup dengan makan bakso ikan bersama siswa-siswi kelas 2 dan kelas 3, majelis guru berserta panitia. Terakhir, adanya penyerahan bingkisan untuk siswa siswi peserta safari GEMARIKAN.

Diharapkan dengan adanya Safari GEMARIKAN ini, tingkat konsumsi ikan secara nasional bisa meningkat, seperti disampaikan oleh Ir. Ade Ovita selaku Kasi Bina Mutu, Pemasaran dan Promosi DKP Prov Kepri yang mewakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Prov Kepri pada pembukaan acara tersebut. Selain itu diharapkan dengan adanya kegiatan Safari GEMARIKAN ini bisa meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi ikan yang bisa meningkatkan derajat kesehatan dan kecerdasan manusia, karena ikan mengandung vitamin dan zat-zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.  Dalam tubuh yang sehat terdapat otak yang cerdas.

suprapto

Read Previous

Dirugikan, Masyarakat Bisa Ajukan Class Action

Read Next

Mayat Tanpa Busana Ditemukan Terapung di Jembatan I Barelang