• September 27, 2022

Dirjen IKM Resmikan Islamic Fashion Fair

Batam, IsuKepri.com – Direktorat Jenderal (Dirjen) Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementrian Perindustrian meresmikan Islamic Fashion Fair di Kepri Mall, Kamis (27/11). Dalam acara itu juga, turut hadir para perancang, pengrajin serta pelaku industri kecil dan menegah (IKM) busana muslim Indonesia dari beberapa provinsi Seperti Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Riau, Kepri, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah.

“Ini upaya yang dilakukan pemerintah untuk memfasilitasi para perancang, pengrajin dan pelaku IKM untuk memperkenalkan dan mempromosikan busana muslim Indonesia,” kata Dirjen IKM, Euis Saedah.

Melihat Kota Batam yang berdekatan langsung dengan Singapura dan Malaysia, maka Batam merupakan lokasi yang tepat untuk penyelenggaraan Islamic Fashion Fair. Sehingga, pengunjung lokal dan mancanegara dapat melihat secara langsung keberagaman produk busana muslim Indonesia.

“Acara ini diikuti 30 peserta pameran, yang merupakan perancang, pengrajin dan pelaku IKM,” paparnya.

Rangkaian acara Islamic Fashion Fair ini meliputi talkshow, seminar, hijab class, beauty class dan fashion show. Kegiatan yang mengusung tema “Indonesia Islamic Fashion: Soul and Style” ini juga, diharapkan busana muslim Indonesia mampu hadir dalam desain dan warna yang dinamis, serta sarat akan unsur estetika, tanpa menanggalkan esensi dan fungsinya.

Sosok insan kreatif yang dapat menghadirkan warisan budaya dengan sentuhan tren internasional ini juga, mampu memberikan warna tersendiri pada produk busana muslim indonesia. Pada akhirnya akan meningkatkan daya saing dalam memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) tahun 2015.

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk pengembangan, kemajuan dan peningkatan industri busana muslim Indonesia guna menuju Indonesia sebagai pusat mode busana muslim tahun 2020,” katanya. (SUTIADI MARTONO)

Alpian Tanjung

Read Previous

Warga Binaan Lapas Batam Peringati Hari Aids Sedunia

Read Next

Usai Lelang, Kementerian PU Jalankan Proyek Fly Over