630 Anak Ikuti Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Gerakan cuci tangan pakai sabun sedunia adalah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB yang bekerjasama dengan pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku cuci tangan memakai sabun oleh masyarakat.

Upaya ini untuk pencegahan berbagai penyakit yang berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia. Begitu pula halnya dengan pelaksanaan di Indonesia, khususnya di Kota Tanjungpinang.

Pencanangan gerakan cuci tangan memakai sabun tingkat Kota Tanjungpinang yang telah memasuki tahun ke – 7 ini dilaksanakan di SDN 004 Binaan Kecamatan Tanjungpinang Timur, Sabtu (22/11), dan dihadiri oleh Walikota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah, SH serta didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, Hj. Yuniarni Pustoko Weni beserta seluruh pejabat eselon di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang. Pencanangan gerakan cuci tangan memakai sabun ini juga melibatkan sebanyak 630 siswa SD se – Kota Tanjungpinang.

Kebiasaan mencuci tangan memakai sabun, merupakan salah satu cerminan perilaku hidup sehat. Dengan kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan aktivitas, dapat menurunkan resiko terkena penyakit diare, ucap Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah SH.

Karena menurut Lis, segala sumber penyakit bermula dari tangan. Cuci tangan memang terlihat sepele, tapi kenyataannya itu mencerminkan pola perilaku kehidupan sehari – hari.

Oleh sebab itu, kebiasaan hidup sehat harus dimulai sejak usia dini. Guru dan Kepala Sekolah harus mengagendakan kegiatan ini secara rutin di sekolah masing – masing, papar Lis.

Selain itu, dalam acara tersebut, diberikan pula penyuluhan gerakan cuci tangan oleh dr. Azizah serta deklarasi cuci tangan memakai sabun oleh para dokter kecil. Dokter Azizah bahkan mengajarkan lagu untuk mengajak anak mencuci tangan memakai sabun.

Tujuannya agar setiap langkah dalam mencuci tangan yang benar bisa dengan mudah diingat. Didalam lagu tersebut, ditegaskan saat yang tepat untuk mencuci tangan, diantaranya sebelum makan, setelah keluar dari kamar kecil, serta sehabis memegang binatang.

Pencanangan gerakan cuci tangan memakai sabun sedunia tingkat Kota Tanjungpinang ini juga, ditandai dengan pembubuhan cap tangan di papan putih oleh Walikota Tanjungpinang, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, beserta seluruh pejabat yang hadir, termasuk Ketua GOW Kota Tanjungpinang, Ny. Juariah Syahrul dan dilanjutkan dengan cuci tangan bersama dibawah pancuran air. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

DPW BKPRMI Kepri Di Lantik

Read Next

Retribusi Parkir, Komisi II Yakin Kebocoran Sangat Tinggi