Politisi : Transparansi Wujud Tata Kelola Pemerintah Yang Baik

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Transparansi adalah salah satu inti dari tata kelola pemerintah yang baik atau good governance. Hal ini disampaikan Ade Angga yang merupakan Wakil Ketua Sementara DPRD Tanjungpinang saat didaulat menjadi narasumber pada dialog Tranparansi Publik yang digagas oleh LSKP2K beberapa waktu lalu di Tanjungpinang.

“Dalam proses penyelenggaraan yang baik, maka transparansi merupakan sesuatu yang mutlak dilakukan,” ujar Angga.

Ia juga menyebutkan bahwa pemerintah harus mampu menjamin akses atau kebebasan bagi setiap masyarakat untuk memperoleh informasi tentang penyelenggaraan pemerintahan, yakni informasi tentang kebijakan, proses pembuatan dan pelaksanaannya, serta hasil-hasil yang dicapai.

“Untuk menciptakan good governance maka setiap keputusan yang diambil pemerintah yang berdampak langsung pada masyarakat itu harus diketahui bagaimana prosesnya, misalnya dengan mengadakan debat public dengan masyarakat sehingga public mengetahui RAPBD sebelum disahkan,” katanya.

Selain tranparansi anggaran, Ade Angga juga meminta agar pemerintah untuk memperhatikan akuntabilitas serta meningkatkan partisispasi publik dalam mengawasi proses pembangunan daerah.

“Pemerintah DPRD Kota Tanjungpinang sedang menyusun tata tertib dimana setiap setiap anggota DPRD mawajibkan memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat sesuai dengan fungsinya,” katanya.

suprapto

Read Previous

Akademisi : Mahasiswa Harus Finding Problem

Read Next

Akademisi : Kawal Pembangunan Dengan Transparansi Publik