PH Fali Bersitenggang Dengan Majelis Hakim Dalam Sidang

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Sidang lanjutan perkara Fali Kartini Simanjuntak selaku terdakwa dalam kasus dugaan korupsi Bank Riau Cabang Batam senilai Rp1,2 miliar tahun 2009, kembali digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungpinang, Selasa (28/10).

Dalam sidang tersebut, Penasehat Hukum (PH) terdakwa Fali, Egi Sudjana bersitegang dengan majelis hakim. Hal itu disebabkan atas pencabutan surat pembantaran terhadap terdakwa Fali yang dilakukan tidak sesuai prosedur sebelumnya.

Saya ingin mempertanyakan, pencabutan surat pembantaran yang dilakukan jaksa dengan semena – mena atas klien kami. Apakah itu tidak menyalahi aturan yang mulia. Sementara, kondisi klien kami saat itu masih dalam keadaan sakit, sehingga harus kembali ke Rutan, papar Egi.

Jadi, kata dia, mohon yang mulia sendiri yang menyatakannya. Dalam fakta persidangan, terdakwa ini masih menggunakan infus.

Akan hal itu, Ketua Majelis Hakim, Parulian menyampaikan, surat pembantaran sudah dicabut. Persidangan harus dilalui dengan proses tahapan – tahapan.

Sebelumnya, kami sudah menanyakan langsung dengan terdakwa sendiri dan terdakwa Fali tidak menjawabnya, ucap Parulian.

Sementara, sebelum sidang dimulai, Ketua Majelis Hakim Parulian Lumbantoruan SH MH meminta, Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk membacakan surat kesehatan terdakwa Fali.

Dalam surat keterangan medis yang memeriksa terdakwa, JPU Nofriandi SH menyampaikan, pada 22 Oktober 2014 lalu pembentaran belum dicabut.

Tadi pagi, kami membawa terdakwa Fali untuk cek kesehatannya. Tim medis menyatakan Fali mengalami diagnosa. Selain itu, terdakwa Fali tidak mengalami gangguan jiwa, ucap Nofriandi.

Usai mendengar keterangan JPU, Ketua Majelis Hakim, Parulian Lumbantoruan menanyakan kesanggupan terdakwa untuk mengikuti sidang.

Apakah saudara Fali bisa mengikuti persidangan, ucap Parulian.

Namun, berulang kali majelis hakim mempertanyakan hal itu, terdakwa Fali enggan menjawabnya. Sehingga, majelis hakim meminta keterangan tim medis atas kesehatan dan kondisi terdakwa Fali.

Fali mengalami diare akut, dan Fali bisa mengikuti persidangan, ucap Dr. Irawani dalam sidang.

Atas pernyataan tim medis, majelis hakim melanjutkan sidang dengan agenda pemeriksaan saksi – saksi. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Ketua PT Minta Pengadilan Tanjungpinang Jalankan Misi

Read Next

BC Amankan 4 Kg Sabu di Bandara Hang Nadim