Lis : Pancasila Bagian Dari Tatanan Kehidupan Bangsa

Tanjungpinang, IsuKepri.com – Seluruh pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Tanjungpinang melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, di halaman Kantor Walikota Tanjungpinang, pada Rabu (1/10). Dalam upacara tersebut, Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH selaku inspektur upacara.

Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) telah mempersatukan seluruh masyarakat secara utuh. Pancasila juga adalah sumber jati diri bangsa, sekaligus pondasi negara kita. Maka tak heran jika kesaktiannya diperingati setiap tahunnya, ucap Lis.

Menurut Lis, lima poin dalam Pancasila adalah bagian dari tatanan kehidupan bangsa Indonesia. Satu persatu sila dalam Pancasila menuntun setiap langkah kehidupan masyarakat Indonesia, termasuk masalah korupsi.

Korupsi terjadi karena masyarakat Indonesia terlalu menikmati euphoria reformasi, sehingga secara perlahan mampu menepis pentingnya makna Pancasila sebagai roh dan semangat kehidupan kebangsaan, khususnya pengamalan sila pertama, ujarnya.

Lebih lanjut Lis mengatakan, generasi muda saat ini kurang bisa memahami makna pentingnya dari Pancasila, bahkan ada yang tidak hapal Pancasila. Mengingat fenomena yang banyak terjadi akhir – akhir ini, tema peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2014 ini adalah Penguatan Nilai – Nilai Pancasila Untuk Meningkatkan Kualitas Demokrasi sangatlah tepat.

Karena, sebagai falsafah negara, Pancasila menjadi acuan kita dalam mewujudkan Indonesia yang adil, makmur, dan sejahtera, papar Lis.

Selain itu, usai upacara, Lis menghimbau kepada seluruh pegawai yang hadir dalam upacara agar berpartisipasi dalam kegiatan menyambut hari ulang tahun Kota Otonom Tanjungpinang yang akan diperingati pada 17 Oktober 2014 mendatang. Dalam kegiatan tersebut, kata Lis akan digelar berbagai lomba baik untuk para aparat pemerintah maupun untuk masyarakat umum.

Teknisnya akan dibahas didalam rapat nanti. Yang jelas akan ada pawai pembangunan serta lomba – lomba lainnya, ucap Lis.

Ia mengatakan, kegiatan ini perdana dilakukan menjelang peringatan HUT Kota Otonom Tanjungpinang dan akan dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya dengan menghapus kegiatan lain yang hanya seremonial.

Tujuannya sebagai salah satu media informasi kepada masyarakat, dan sejauh mana pembangunan kota otonom ini sekaligus untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antar sesama warga Kota Tanjungpinang, ujarnya. (ALPIAN TANJUNG)

Alpian Tanjung

Read Previous

Irsyadul Dukung Pengesahan RUU Pilkada

Read Next

Kajari : Penahanan Said Agil Butuh Tahapan