Kurikulum 2013, Gerakan Pramuka Wajib Disetiap Sekolah

Bintan, IsuKepri.com – Kurikulum 2013 memasukan Gerakan Pramuka menjadi kegiatan ekstrakulikuler wajib disetiap sekolah yang ada di Kabupaten Bintan. Selain itu, kegiatan kepramukaan tersebut juga untuk peningkatan akreditasi sekolah.

Demikian dikatakan Sekretaris Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Bintan, Sutono, Rabu (1/10).

Sutono menambahkan, saat ini pihaknya terus meningkatkan segala kegiatan kepramukaan mulai dari Gugus Depan (Gudep) disetiap sekolah hingga di tingkat Kwartir Ranting (Kwaran) di setiap Kecamatan.

“Di Bintan, ada 120 Gudep dan masing – masing Gudep ini melaksanakan kegiatan latihan sebagai ekstrskulikuler wajib diikuti oleh siswa di sekolah tersebut. Sementara di tingkat Kwaran kita sudah melantik 8 Kwaran, dan tinggal 2 lagi yakni Kwaran Tambelan dan Telok Sebong yang belum dilantik,” papar Sutono.

Tahun 2015 mendatang, kata Sutono, akan diadakan perkemahan muhibah se Kwartir Daerah (Kwarda) Kepri di bumi perkemahan Pramuka Tembeling Kecamatan Teluk Bintan.

“Untuk itu setiap guru dan Kepala Sekolah wajib mengikuti kegiatan Pramuka minimal ikut kursus mahir dasar (KMD) untuk menjadi pembina,” ujarnya.

Prestasi Kwarcab Bintan, kata Sutono, mengutus 6 pramuka Garuda dari tingkat siaga hingga penegak. Dan saat ini sudah terbentuk satuan karya (Saka) bidang kesehatan (Bhakti Husada), saka kalpataro bidang lingkungan hidup, saka bhayangkara, saka kencana (KB) dan saka pariwisata. (RAMDAN)

Alpian Tanjung

Read Previous

Enam Bulan Dirawat, Terdakwa Korupsi SPAM Kembali Disidangkan

Read Next

PU Tanjungpinang Minta Angkasa Pura Buat Drainase